Ramadhan 2018, Orang Lebih Banyak Nonton Youtube

Andira Putri Selasa, 15 Mei 2018 03:00:49

TABLOIDBINTANG.COM - Ramadhan 2018 menghadirkan kisah menarik dalam kehidupan sehari-hari.

Ada aktivitas tak terduga yang frekuensinya bertambah ketimbang bulan-bulan lain. Aktivitas tersebut adalah menonton Youtube. 

Menurut Yudistira Adi Nugroho selaku Industry Analyst Google Indonesia, frekuensi seseorang menonton Youtube di bulan Ramadhan naik 50%.

Rata-rata orang menonton Youtube selama tiga kali sehari. Aktivitas mereka diawali lebih pagi seiring dengan waktu sahur.

“Konsumsi Youtube lebih awal di pagi hari. Saat orang sahur, mereka udah buka Youtube. Kalau bulan biasa, Youtube ditonton orang jam 7 hingga 8 pagi. Itu saat mereka bangun,” ujar Yudistira Adi Nugroho di kantor Google Indonesia, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (3/5).

Aktivitas menonton Youtube berlanjut pada jam 11 siang. “Karena nggak bisa makan siang, mereka jadi nonton Youtube,” terang Yudistira Adi Nugroho. 

Kemudian mereka kembali menyaksikan Youtube pada malam hari setelah sholat Tarawih. Aktivitas dimulai pukul 20.30 hingga 23.00. 

Untuk video yang diakses, tema religi mendominasi. Lagu-lagu religi masih dinikmati masyarakat saat Ramadhan 2018. Meski begitu, mereka tidak lantas mengabaikan lagu-lagu di luar genre religi.

“Tadinya aku pikir orang memang cari tema religi. Tapi, konten musik seperti top 40 itu masih naik,” lanjut Yudistira Adi Nugroho.

Di samping musik, masyarakat juga senang menonton informasi tentang fashion serta masakan.

“Pencarian video tutorial hijab juga naik. Jadi orang-orang bisa meniru. Terus resep-resep dan tutorial masak juga naik,” pungkas Yudistira Adi Nugroho.

(dira / gur)


Penulis Andira Putri
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore