Kiat Aman Bertransaksi Lewat Aplikasi (2 - habis)

Agestia Jatilarasati Sabtu, 28 Juli 2018 21:00:48
Kiat Aman Bertransaksi Lewat Aplikasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden firma sekaligus penasihat keuangan dari Javelin Strategy and Research yang berbasis California, AS, James Van Dyke menyebut aplikasi perbankan menawarkan beragam kemudahan bertransaksi dari transfer, membayar berbagai tagihan, hingga membeli pulsa.

“Manfaat terbesarnya, seseorang memiliki kendali lebih besar di tangan mereka. Anda bisa melihat dan melakukan berbagai aktivitas perbankan dalam beberapa menit saja,” James menjelaskan.

Meski demikian, aplikasi perbankan memiliki beberapa kelemahan. Semakin canggihnya teknologi perbankan membuat sejumlah oknum memutar otak untuk mengakali akun Anda. Berbagai tindak kejahatan perbankan mengintai, di antaranya peretasan.

3. Keluar aplikasi setelah bertransaksi

Jangan lupa keluar dari aplikasi setelah selesai melakukan transaksi lewat aplikasi perbankan meski itu di gadget milik Anda sendiri. Ini untuk menghindari orang lain masuk ke akun perbankan ketika gadget Anda dicuri orang, misalnya.
“Jadi jika Anda kehilangan ponsel, akun mobile banking Anda tetap aman karena dijaga oleh kata sandi dan pemeriksaan identitas lainnya. Oleh karena itu, pastikan kerahasiaan pin dan kata sandi akun Anda terjaga. Jangan lupa keluar aplikasi perbankan setelah bertransaksi. Jika terlanjur, Anda bisa langsung meminta bank terkait untuk menonaktifkan akun Anda ketika gadget hilang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” saran James.

4.Jangan gunakan sembarang gadget

Ketika Anda lupa membawa ponsel tapi harus segera melakukan transaksi perbankan, jangan pernah melakukan transaksi itu melalui gadget orang lain, apalagi warnet. Ketika mengakses akun internet banking di perangkat yang bukan milik Anda, dikhawatirkan pihak yang tidak bertanggung jawab akan melihat transaksi itu karena setiap penjelajahan akan tersimpan di riwayat aplikasi. Jika sangat terdesak, lebih baik lakukan transaksi di mesin ATM atau meminjam uang teman dulu.

selesai

(ages / gur)

Penulis Agestia Jatilarasati
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.