5 Hal Penting yang Tidak Boleh Dilupakan Para Milenial

Tubagus Guritno | 15 Oktober 2018 | 16:03 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak dipungkiri, generasi milenial kini punya banyak kesibukan. Sehingga wajar apabila milenial mulai melupakan hal-hal tertentu. Tentu lupa ini tidak bisa disamakan dengan mereka yang sudah berusia lanjut.

Sebab, kelupaan yang melanda milenial hanya disebabkan oleh terpecahnya konsentrasi, atau paling tidak, belum menyadarinya saja. Oleh karena itu, bagi Anda milenial wajib untuk terus mengingat hal-hal berikut ini.

1. Berbagi ke sesama

Banyak milenial yang terjebak dalam gaya hidup konsumtif sehingga lupa untuk melihat ke sekitar. Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan milenial yang berfoya-foya setiap akhir pekan, namun lupa bahwa banyak di sekitarnya yang bahkan belum tentu bisa makan di hari itu. Memang setiap orang memiliki garis takdirnya masing-masing. Namun, apa salahnya untuk membantu sesama? Tidak harus membantu sepenuhnya bila memang belum bisa. Hanya membantu soal makan di hari itu pun sudah lebih dari cukup.

2. Pendidikan lanjutan

Perlu diingat oleh milenial, bahwa tantangan masa depan tidak akan sama dengan tantangan yang dihadapi kini. Milenial bukan hanya akan bersaing dengan generasinya sendiri. Melainkan dengan beberapa generasi di bawahnya yang lebih cerdas. Belum lagi persaingan dari luar negeri mengingat Indonesia terus bergerak menuju pasar bebas. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pendidikan atau pelatihan lanjutan yang dapat mendorong Anda berkembang. Baik itu skill teknis, maupun soft skill.

3. Tabungan masa depan

Seperti yang sudah diutarakan di atas, milenial masih banyak yang menghabiskan uangnya untuk berfoya-foya tanpa memikirkan masa depan. Salah satu akibatnya adalah dengan lebih banyak menghabiskan uangnya untuk membayar berbagai cicilan barang-barang tersier. Barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan untuk mendukung kehidupannya. Sekarang, tidak salahnya untuk memulai menabung meskipun sedikit demi sedikit. Setidaknya Anda bisa punya dana cadangan yang bisa dipakai ketika dibutuhkan. Tidak perlu banyak, asalkan rutin dan disiplin.

4. Keadaan keluarga

Bagi milenial yang sudah berkeluarga, maka perlu sekali untuk memerhatikan keadaan pasangan dan anak. Bagi milenial yang belum berkeluarga, maka harus terus memerhatikan keadaan orang tua dan saudara. Memang ini terkesan sepele karena bisa dilakukan dengan mudah.

5. Kesehatan

Terlalu sibuk bekerja akan membuat Anda lupa memerhatikan kondisi kesehatan Anda. Ingat, bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya. Percuma Anda memiliki harta banyak kalau tidak bisa menikmatinya, bukan? Oleh karena itu, jangan paksakan diri Anda untuk terus bekerja tanpa beristirahat. Selain itu, jangan lupa juga untuk memiliki asuransi kesehatan. Kita memang tidak pernah tahu kapan sakit bisa datang, jadi tidak ada salahnya untuk berjaga jaga dengan memiliki asuransi kesehatan. Misalnya, BPJS Kesehatan. Dengan jaringan yang luas, BPJS mudah untuk digunakan di mana pun. Terlebih lagi, bayar BPJS juga lebih mudah karena bisa dilakukan via aplikasi.

Penulis : Tubagus Guritno
Editor: Tubagus Guritno
Berita Terkait