Beberapa Informasi WhatsApp Ini Sepertinya Belum Anda Ketahui

TEMPO Jumat, 19 Oktober 2018 18:00:26
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - WhatsApp aplikasi populer yang digunakan banyak orang. Namun, banyak yang kurang optimal mengetahui dan menggunakan fitur-fitur di dalamnya.

Situs GQ India menjelaskan banyak fitur menarik WhatsApp yang belum digunakan penggunanya. Ada beberapa fitur di antaranya yang dapat mempermudah penggunaan WhatsApp, seperti berikut ini:

1. Sembunyikan nomor telepon WhatsApp

Ini salah satu teknik peretasan yang dipakai sebagian orang sejak lama. Untuk melakukan ini, pengguna membutuhkan dual SIM Card, kemudian memasukkan SIM Card lama dan mengaktifkan WhatsApp dalam ponsel.

Setelah itu, ganti SIM Card lama dengan yang baru. Ketika aplikasi meminta nomor baru, pengguna harus memilih nomor lama sebagai nomor WhatsApp. Dengan cara itu, nomor pengguna tidak akan tersedia untuk kontak baru, bahkan jika mereka telah menyimpannya di WhatsApp.

2. Buat grup untuk menyimpan data

Grup obrolan ternyata dapat digunakan untuk menyimpan berbagai data berupa foto, catatan, klip suara atau data lainnya. Caranya, pertama pengguna harus membuat grup baru dan menambahkan salah satu dari data kontak ke grup. Setelah itu, hapus peserta dan mulai menyimpan data tersebut.

3. Melihat status orang tanpa diketahui pemilik status

Ada cara agar kita tidak masuk dalam daftar yang melihat status seseorang itu. Caranya dengan mengunduh aplikasi tambah YoWhatsApp. Buka Menu, lalu buka YoMods dan Privasi. Centang pada 'Tampilkan Tanda Biru' di bawah bagian Privasi dan centang opsi 'Sembunyikan Status tampilan'.

Ada cara lain yang lebih mudah dan tidak menggunakan aplikasi tambahan, yaitu dengan menonaktifkan laporan dibaca. Hal itu akan membuat pengguna lain tidak tahu apakah kita sudah membaca pesannya atau belum, juga melihat status tanpa diketahui pemilik status.

Caranya, buka pilihan titik tiga di bagian kanan atas, kemudian pilih Setelan, dilanjutkan pilih akun dan privasi. Di bagian bawah tampilan akan terdapat tulisan laporan dibaca dengan kotak yang harus dihilangkan tanda ceklisnya.

4. Mengirim pesan kosong

Jika Anda ingin mengirim salah satu kontak pesan kosong, pengguna harus mengunduh aplikasi NoWord. Setelah itu, cukup ketuk tombol 'Kirim' dan pilih WhatsApp kemudian pilih kontak yang ingin dikirimi pesan kosong.

5. Kembalikan file yang dihapus

Daripada meminta untuk mengirim ulang foto atau video tertentu, pengguna dapat menggunakan aplikasi dr.fone untuk memulihkan file yang dihapus.

Caranya unduh aplikasi dr.fone melalui komputer. Kemudian hubungkan telepon dengan komputer melalui USB, setelah itu, centang pada 'WhatsApp dan Lampiran'. Lalu, klik pada 'Mulai Scan' untuk mulai memindai gambar WhatsApp yang dihapus. Ketika pemindaian selesai, data yang dihapus akan dipulihkan dan muncul kembali.

6. Baca semua pesan sekaligus

Daripada membisukan grup untuk menghindari pesan masuk, pengguna bisa membaca semua pesan masuk sekaligus.

Untuk melakukan, pengguna harus menggunakan pilihan 'Tandai telah dibaca'. Caranya, pilih salah satu obrolan yang memiliki pesan masuk dengan tekan sedikit lama untuk menandainya. Setelah itu ketuk pilihan titik tiga di kanan atas dan pilih 'Tandai telah dibaca'.

7. Gunakan WhatsApp dengan Bluetooth

Ada dua cara. Pengguna dapat mengunduh Bluemess, aplikasi messenger yang membantu mengirim pesan melalui Bluetooth. Kemudian, cara kedua untuk mengakses dan berbagi koneksi internet melalui Bluetooth.

Pertama aktifkan Bluetooth di ponsel, kemudian buka sistem, pengaturan, lainnya, penambatam dam hotspot portabel. Setelah Bluetooth tethering kedua perangkat aktif dan pasangkan dengan telepon pengguna, matikan koneksi dari telepon pertama ke telepon kedua. Lalu masuk ke Bluetooth dan pilih perangkat, lalu klik 'Akses Internet' dan mulai berselancar atau gunakan WhatsApp untuk mengirim pesan.

TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.