Didik Nini Thowok Berharap Generasi Muda Mau Belajar Seni Tari Cross Gender

Supriyanto | 18 November 2018 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Galeri Indonesia Kaya (GIK), Grand Indonesia, Sabtu (17/11) sore menampilkan seniman Didik Hadiprayitno, SST atau Didik Nini Thowok dengan tarian cross gender yang sudah ada sejak  zaman Hamengku Buwono (HB) ke VII.

Tarian tersebut ditampilkan Didik Nini Thowok, seniman tari lintas gender selama puluhan tahun, melalui uraian sejarah lewat tampilan video dalam bentuk tembang Jawa serta narasi oleh penari. 

Pada kesempatan itu Didik Nini Thowok juga mengenalkan karya tarinya "Dwi Muka (Dua Wajah)" yang sudah dipatenkan hak kekayaan intelektualnya. Karya itu lah yang membuat nama Didik Nini Thowok mendunia.

Bagi Didik Nini Thowok, menari tak hanya sekedar hobi yang sudah dicintainya tapi juga ingin melestarikan salah satu seni Indonesia dari sekian banyaknya budaya yang ada.

"Menari adalah salah satu langkah dan upaya yang saya lakukan untuk melestarikan tradisi nenek moyang. Tarian sudah ada sejak lama, namun tidak banyak generasi muda yang tertarik untuk mempelajari tarian lintas gender ini. Saya berharap dengan ditampilkannya ini para penikmat seni dapat lebih tertarik untuk ikut melestarikan busaya nusantara," ungkap Didik Nini Thowok usai pementasan di Galeri Rumah Kaya, Grand Indonesia.

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation selaku sponsor menyebutkan kehadiran Didik Nini Thowok bisa meningkatkan kesadaraa generasi muda dengana budaya seni tari.

"Didik Nini Thowok tidak hanya menghibur tapi juga memberikan pengetahuan menarik mengenai sejarah tarian di Jawa Tengah. Penampilan Didi Nini Thowok memukau para penikmat seni yang memadati Galeri Indonesia Kaya," ujar Renitasari Adrian.

Didik Nini Thowok tampil selama 60 menit dengan beraneka jenis tarian dwi muka. Kelenturan dan kelembutan gerakan Didik Nino Thowok mendapat apresiasi dari penikmat seni yang hadir di Galeri Indonesia Kaya.

(pri/bin)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait