Adiwastra Nusantara Beri Perhatian Khusus untuk Generasi Milenial

Tubagus Guritno | 14 Maret 2019 | 19:32 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pameran kain adat terbesar di Indonesia, Adiwastra Nusantara, akan kembali digelar di  Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, pada 20-24 Maret 2019. 

Ajang yang sudah berusia 11 tahun ini bakal diikuti lebih dari 400 peserta pameran yang terdiri dari UKM dan perajin wastra dari seluruh Indonesia. Masing-masing perajin siap menampilkan aneka produk wastra, seperti batik, tenun ikat, songket, dan sulam, serta aneka produk fesyen berbasis wastra adati.

Generasi milenial mendapat perhatian khusus dari penyelenggara. Mengambil tema Wastra Adati Generasi Digital, diharapkan anak-anak muda di era modern ikut menghargai warisan budaya bangsa dan menjadikan kain tradisional sebagai pilihan gaya berbusana. 

"Kita membuat yang lebih melenial supaya batik-batik karya (wastra) kita ini dihargai kalangan oleh kalangan muda, penerus, dan para (turis) luar negeri," ujar Yantie Airlangga, Ketua Panitia Pameran Adiwastra Nusantara 2019, dalam jumpa pers Rabu (13/3).

Dikatakan Yantie lebih lanjut, batik dan kain tradisional lainnya sanggup mengikuti perkembangan zaman. Tak lagi dianggap sebagai produk kuno, wastra bisa sangat menarik jika dipadu padan dengan produk fesyen kekinian, seperti sepatu kets atau sneakers.

"Memakai batik ataupun memakai baju-baju warisan itu bukan berarti sesuatu yang menakutkan seperti dibilang orang, tapi ini adalah karya leluhur dan pengrajin Indonesia," kata Yantie.

Selama empat hari, Adiwastra Nusantara akan menyuguhkan berbagai acara menarik, seperti peluncuran dan bedah buku, lomba selendang Indonesia, serta peragaan busana.

Penulis : Tubagus Guritno
Editor: Tubagus Guritno
Berita Terkait