Pentingnya Konektivitas dan Transportasi Publik Guna Meningkatkan Kualitas Hidup

Romauli Gultom | 5 April 2019 | 13:52 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kemacetan sudah menjadi kisah klasik warga Jakarta dan sekitarnya. Tak heran jika para pekerja merasa "tua di jalan" hingga menimbulkan stress dan kualitas hidup pun kurang baik.

Berdasarkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2007, kemacetan berdampak pada menurunnya produktivitas dan kualitas hidup warga kota. 

Sehingga, waktu untuk beristirahat dan bercengkrama bersama keluarga dan sahabat semakin berkurang karena masyarakat harus bergegas setiap pagi dan baru pulang ketika malam menjelang.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda optimis pembangunan transportasi publik yang digenjot pemerintah dapat meningkatkan kualitas hidup, terutama dengan terpangkasnya waktu yang dihabiskan di perjalanan. 

Beroperasinya MRT akan memberi warna baru bagi kehidupan warga kota, terutama bagi mereka yang tempat tinggal atau kantornya terhubung dengan jaringan MRT. 

“Waktu yang dihemat itu memberikan keleluasaan untuk membangun quality of life. Kita akan mempunyai waktu lebih untuk keluarga, menekuni hobi, hingga untuk bersekolah lagi,” ujar Ali Tranghanda selaku Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) di  Jakarta, belum lama ini.

Beragam moda transportasi publik modern ini memberikan manfaat nyata, bukan hanya mampu menciptakan konektivitas, efisiensi, dan meningkatkan produktivitas, tetapi ternyata juga meningkatkan nilai investasi kawasan. 

Dampak positif lainnya adalah terjadinya perubahan budaya dan gaya hidup masyarakat urban untuk mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik. 

Demikian rangkuman pandangan dari sejumlah pembicara di acara media group discussion #LivingConnected yang membahas pengaruh positif dari ketersediaan fasilitas transportasi publik modern terhadap budaya masyarakat dan nilai investasi properti. 

Permadi Indra Yoga selaku Direktur Pengembangan Bisnis Intiland menjelaskan tema #LivingConnected merupakan sebuah program kampanye yang diangkat Intiland sebagai apresiasi terhadap beroperasinya fasilitas MRT baru-baru ini, serta upaya membangun kesadaran publik untuk peningkatan kualitas hidup. 

Hadirnya beragam moda transportasi modern ini diyakininya membawa perubahan, seperti memudahkan konektivitas dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam jangka panjang. 

"Integrasi moda transportasi yang modern dan memadai, mutlak diperlukan masyarakat. Kami berusaha menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan proyek-proyek properti yang menawarkan kemudahan mobilitas dan konektivitas masyarakat dalam beraktifitas,” tandas Permadi Indra Yoga.

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait