Kunjungan Komunitas IMPACT ke Jakarta Aquarium

Binsar Hutapea | 13 Mei 2019 | 13:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada 4 Mei 2019 lalu, Jakarta Aquarium mendapatkan kehormatan untuk menerima kunjungan dari komunitas IMPACT atau Independent Marine Protected Animal Community. IMPACT merupakan komunitas keilmuan dan keprofesian yang menjadi wadah penyalur minat dan bakat mahasiswa Ilmu Kelautan di Universitas Padjajaran dalam bidang konservasi laut, khususnya pada biota laut yang terancam punah. 

Seperti diketahui, Jakarta Aquarium merupakan tempat konservasi dalam ruangan pertama di Indonesia dengan spesialis hewan di bawah air dan terkenal
karena habitatnya. Adapun Jakarta Aquarium memiliki luas 7.200 m2 dengan 3598 hewan dan 354 spesies.

Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran yang tergabung dalam Komunitas keilmuan IMPACT melakukan studi excursion tentang konservasi ex-situ yang dilakukan Jakarta Aquarium dalam menjaga satwa-satwa dan diskusi mengenai isu-isu terkait lingkungan yang terjadi sekarang. Mereka diajak untuk berkeliling melihat akuarium dan hewan- hewan yang ada dan diskusi mengenai isu-isu terkait lingkungan yang terjadi sekarang. 

Tim Edukasi dari Jakarta Aquarium juga memberikan materi dengan tema  “Peranan Lembaga Konservasi Ex –Situ Untuk Keanekaragaman Hayati” dan juga peran Jakarta Aquarium dalam menjaga keanekaragaman hayati tersebut dengan kampanye #SayNoToPlastic.

Dengan kegiatan tersebut, Jakarta Aquarium berharap masyarakat luas bisa mengetahui lebih dalam tentang biota satwa liar dan Kelautan Indonesia, membuka pikiran generasi muda untuk menjaga dan merawat melalui program "LAUTKU BERSIH"--sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat menjelajahi kekayaan Indonesia dan kelanjutan budaya air.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait