The New Biznet Fiber, Jaringan Internet Terbaik untuk Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

Panditio Rayendra | 20 Mei 2019 | 15:05 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia yang terus meningkat mendorong Biznet untuk terus mengembangkan teknologi dan menciptakan inovasi baru. Hal ini dilakukan untuk mendukung kreativitas para pemain di ekonomi kreatif, yang didominasi oleh generasi muda atau sering disebut generasi jaman now. Pertumbuhan ekonomi kreatif juga ditandai oleh meningkatnya jumlah startup lokal secara signifikan dimana kini semakin banyak generasi muda yang lebih memilih untuk membangun usaha sendiri dengan mengembangkan kreatifitas mereka ketimbang bekerja dan menjadi karyawan perusahaan di perusahaan swasta maupun multinasional.

“Pertumbuhan ekonomi kreatif dan peningkatan jumlah startup lokal juga dibarengi dengan pertumbuhan teknologi digital yang kian berkembang, di mana penggunaan sosial media kini menjadi salah satu kunci utama bagi para pengusaha muda untuk memasarkan produk atau layanan mereka kepada masyarakat. Salah satu faktor utama ini juga didukung oleh mudahnya mendapatkan koneksi Internet cepat di mana-mana, baik melalui smart phone/tablet menggunakan koneksi Wi-Fi dan jaringan Fiber Optic,” ujar Adi Kusma, President Director Biznet. Hal ini disampaikan oleh Adi di sela-sela acara Buka Puasa Biznet bersama media yang diselenggarakan 16 Mei 2019 bertempat di Hotel AYANA MidPlaza Jakarta.

Biznet memiliki komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif dan startup lokal di negeri ini. Komitmen Biznet ini ditunjukkan dengan meluncurkan campaign digital #PakeBiznet pada tahun 2017 silam, yang mengangkat kisah mengenai bagaimana Internet dapat berperan penting dalam menginsiprasi dan mengubah kehidupan seseorang dan orang lain. Sampai saat ini Biznet telah meluncurkan 56 video dalam campaign digital #PakeBiznet ini yang mencakup kisah inspiratif dari banyak wilayah di Indonesia. Seluruh video #PakeBiznet ini di-publish melalui akun Instagram @BiznetHome dan juga Channel YouTube Biznet.

Menghadirkan layanan Internet yang cepat dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia merupakan goal utama Biznet dalam mengembangkan infrastruktur teknologi. Pada tanggal 1 Desember 2018, Biznet meluncurkan The New Biznet Fiber, yaitu jaringan Fiber Optic yang menggunakan teknologi terbaru, tercepat, dan terandal. The New Biznet Fiber hadir memberikan layanan Internet dengan performa terbaik dan kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar untuk mendukung kebutuhan masyarakat jaman now. The New Biznet Fiber terdiri dari Jaringan Terabit Core Router, Jaringan Distribusi Metro Ethernet 10G/100G dan Jaringan GPON (Gigabit Passive Optical Network) yang memiliki kapasitas yang sangat besar untuk kebutuhan 5 sampai 10 tahun ke depan.

Khusus gedung bertingkat seperti perkantoran, hotel dan apartemen, Biznet menggunakan jaringan dengan teknologi Metro Ethernet 10G/100G, The New Biznet Fiber didukung oleh sistem perangkat yang redundant dan terproteksi berbentuk cincin (ring) yang mampu memberikan proteksi secara otomatis apabila kabel Backbone Fiber Optic tersebut terputus di satu sisinya. Jaringan ini juga memiliki kapasitas yang besar hingga 100 Gbps atau 100,000 Mbps.

Untuk jaringan distribusi dalam gedung dan juga ke rumah/ruko, Biznet menggunakan jaringan dengan teknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network), yang menggunakan jaringan Full Fiber Optic hingga ke lokasi rumah/kantor/ruko pelanggan. Teknologi GPON terbaru ini mampu menghantarkan layanan dengan kapasitas hingga 2.5 Gbps. Selain itu, perangkat ONT (Optical Network Terminal) dari jaringan ini juga telah mencakup teknologi Wi-Fi terbaru dengan kemampuan transfer data yang lebih tinggi dan lebih cepat. Kami juga telah melengkapi monitoring system secara end-to-end, sehingga apabila terjadi kendala, tim Customer Experience kami dapat mendiagnosa dan membantu dari jarak jauh tanpa melalukan kunjungan ke rumah/kantor/ruko pelanggan.

Per 1 Februari 2019, jaringan Biznet Fiber Jawa Bali juga telah selesai pembangunannya baik di jalur Utara maupun Selatan. Saat ini Biznet sedang mempersiapkan pembangunan jaringan Biznet Fiber di Kota Blitar, Jepara dan Tayu untuk di Pulau Jawa. Untuk di Pulau Kalimantan, Biznet sedang membangun di Kota Pontianak dan di Pulau Sumatra di Kota Bandar Lampung.

Per 16 Mei 2019, telah ada 112 kota yang terhubung dengan jaringan Biznet Fiber Jawa Bali. Kami akan terus menambah cakupan area di kota-kota di Indonesia, supaya kota-kota tersebut dapat merasakan manfaat adanya layanan Internet kecepatan tinggi, baik untuk pendidikan, kesehatan, pemerintahan (smart city), bisnis dan kebutuhan pribadi di rumah.

Dengan koneksi langsung ke Biznet Data Center di 3 lokasi, penambahan kapasitas link Internasional sebesar 400 Gbps ke Singapura & Tier-1 Global Provider, Biznet memastikan seluruh pelanggan akan mendapatkan performa layanan terbaik guna mendukung kebutuhan koneksi Internet yang kian meningkat di masa mendatang. Biznet juga sedang menambah kapasitas Data Center baik di Jakarta maupun di kota besar lainnya.

“Kehadiran The New Biznet Fiber kami harapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif dan startup lokal, serta masyarakat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, yang kini juga telah banyak dilakukan melalui platform digital. Sebut saja berbelanja kebutuhan sehari-hari, melakukan pembayaran tagihan bulanan, aktivitas finansial, bermain game online, sampai menikmati hiburan lainnya seperti menonton film, kini dapat dilakukan dengan adanya koneksi Internet yang memadai,” tambah Adi.

Biznet menyediakan layanan Internet untuk beberapa segmen:

·         Layanan Perumahan: Biznet Home 50 Mbps mulai dari Rp 300,000/bulan

·         Layanan Bisnis UKM: Biznet Metronet 50 Mbps mulai dari Rp 1,000,000/bulan

·         Layanan Bisnis besar: Biznet Dedicated Internet 30 Mbps mulai dari Rp 6,000,000/bulan.

Tahun ini, Biznet juga bekerjasama dengan Sleekr HR, software HR yang dilengkapi dengan fitur terbaik untuk manajemen perusahaan, dalam menghadirkan promo bundling khusus bagi pelanggan Biznet Metronet. Promo ini akan memberikan pelanggan pilihan paket yang mencakup layanan Internet super cepat di jaringan The New Biznet Fiber dan software Sleekr HR yang akan memastikan bisnis berjalan dengan lancar. Untuk info lengkap mengenai promo ini, kunjungi https://www.biznetnetworks.com/metronet, dan untuk informasi lengkapi mengenai Sleekr, kunjungi www.sleekr.co.

Berikut Daftar Kota Jaringan Biznet Fiber: Ajibarang, Amlapura (Karangasem), Babat, Badung (Kuta), BANDUNG, Bangil, Bangli, Banjar, Banjarsari, Banyuputih, Banyuwangi, BATAM, Batang, Bekasi, Besuki, Blitar, Blora, Bogor, Bojonegoro, Bondowoso, Boyolali, Brebes, Bumiayu, Cepu, Ciamis, Cianjur, Cibadak, Cicurug, Cikampek, Cilacap, Cimahi, Cirebon, Comal, Demak, DENPASAR, Depok, Garut, Gempol, Genteng, Gianyar, Glenmore, Gresik, Indramayu, Jajag, JAKARTA, JAMBI, Jember, Jimbaran, Jombang, Karangampel, Karawang, Kartasura, Kebumen, Kediri, Kendal, Kepanjen, Kertosono, Ketapang, Klaten, Kraksan, Krian, Kudus, Lamongan, Lawang, Lumajang, Madiun, Malang, Mojokerto, Muncar, Negara, Nganjuk, Ngawi, Ngopak, Padalarang, PADANG, Paiton, PALEMBANG, Pamanukan, Pangandaran, Pasirian, Pasuruan, Pati, Pekalongan, Pemalang, Probolinggo, Purwakarta, Purwodadi, Purwokerto, Purworejo, Rogojampi, Salatiga, SEMARANG, Semarapura (Klungkung), SERANG, Sidoarjo, Singaraja, Situbondo, Slawi, Sleman, Solo, Sragen, Sukabumi, SURABAYA, Tabanan, Tangerang, Tangerang Selatan, Tanggul, Tasikmalaya, Tegal, Tulungagung, Turen, Ubud, Ungaran, Weleri, Wlingi, YOGYAKARTA.

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait