5 Langkah yang Perlu Diperhatikan Bartender dalam Menyajikan Minuman

Romauli Gultom | 22 Agustus 2019 | 19:32 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di balik keahlian menjadi seorang bartender, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setiap bartender untuk menyajikan minuman khususnya jenis draught beer agar sebuah minuman tersaji dengan baik.

“Jadi ada lima langkah penting yang harus dikuasai oleh setiap bartender agar dapat menyajikan draught beer yang sempurna. Tahapannya yaitu Rinse, Pour, Skim, Check dan Serve,” ujar Deden Perdana, Draught Beer Manager, PT Multi Bintang Indonesia, Tbk.

Deden menjelaskan, pada tahap rinse merupakan teknik mencuci gelas, pour adalah teknik menuang bir dengan posisi kemiringan gelas 45 derajat, skim teknik meratakan busa, dan check adalah teknik memastikan tinggi busa dan serve adalah teknik penyajian ke konsumen.

"Kelima langkah tersebut bertujuan untuk memastikan bartender dapat menuang setiap gelas bir dengan sempurna," jelasnya.

Untuk melihat teknik penyajian terbaik dari setiap bartender, Heineken kembali menggelar kompetisi Star Serve 2019 di empat kota besar di Indonesia. Kompetisi ini merupakan ajang pencarian bartender terbaik dalam menyajikan draught beer Heineken secara sempurna.

Menurut Mariska Van Drooge, Direktur Pemasaran PT Multi Bintang Indonesia Niaga mengatakan selain produk yang memiliki kualitas tinggi, kualitas draught beer juga berada di tangan seorang bartender saat menyajikannya kepada konsumen.

Untuk menjadi bartender terbaik diperlukan passion, keahlian, dan kualitas untuk menyajikan segelas bir yang sempurna.

"Bartender memiliki peranan penting untuk memastikan bir berkualitas terbaik sampai ke tangan konsumen sehingga perusahaan merasa perlu menggelar kompetisi ini," pungkasnya.

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait