YouTube Kids Umumkan Pembaruan dan Filter Baru untuk Anak-anak, Seperti Apa? 

Rizki Adis Abeba Kamis, 29 Agustus 2019 21:15:30
YouTube mengatakan mereka memberikan kemudahan bagi orang tua untuk menemukan konten yang tepat untuk anak-anak (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Menyesuaikan kebutuhan pengguna terutama orang tua yang memiliki anak, YouTube Kids, aplikasi video yang berfokus pada anak-anak, melakukan beberapa pembaruan. Apa saja pembaruan yang dilakukan oleh YouTube Kids?

Dalam sebuah posting blog pada 27 Agustus lalu, tim YouTube mengatakan mereka memberikan kemudahan bagi orang tua untuk menemukan konten yang tepat untuk anak-anak. Perwakilan perusahaan juga mengatakan akan meluncurkan YouTube Kids tidak hanya melalui aplikasi, tetapi juga di situs web.

“Kami akan mulai memfilter konten dalam tiga kelompok umur: anak usia 4 tahun atau kurang, anak usia 5-7 tahun, dan anak usia 8-12 tahun. Seiring bertambahnya usia anak, fitur filter di YouTube Kids akan memberikan mereka lebih banyak kemandirian,” ungkap perwakilan dari YouTube.

Sebelumnya, YouTube Kids hanya memiliki filter untuk dua kelompok usia: muda (di bawah 8 tahun) dan lebih tua (8-13 tahun). Orang tua juga bisa memilih hanya video-video yang sudah disetujui orang tua yang bisa ditampilkan. 

“Pilihan yang dapat disesuaikan dengan kriteria yang ditetapkan orang tua memungkinkan mereka untuk menyetujui video, kanal, dan koleksai apa saja yang boleh ditampilkan. Dan dalam mode ini, anak-anak tidak dapat mencari video sendiri,” jelas perwakilan YouTube.

YouTube Kids pernah menuai kecaman setelah diketahui mengumpulkan data anak-anak dan menggunakannya untuk menayangkan iklan bertarget. Kasus ini sempat menyebabkan Google sebagai perusahaan induk YouTube menghabiskan jutaan dolar untuk menyelesaikan kasus dengan Komisi Perdagangan Federal AS bulan lalu.

Saat ini YouTube menyatakan bahwa mereka akan berhenti menayangkan iklan bertarget yang ditujukan kepada anak-anak. 

(riz)

Penulis Rizki Adis Abeba
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.