Sering Gelisah dan Stres? Ini Ayat Al-Quran yang Bisa Dibaca untuk Meredakannya

Tubagus Guritno | 12 September 2019 | 16:34 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tekanan hidup yang dihadapi manusia modern setiap harinya tidak jarang memberikan efek buruk bagi kesehatan jiwa. Gundah gulana, gelisah, bahkan stres menghantui setiap setiap orang yang bergelut dengan berbagai rutinitas harian. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari ketidakberdayaan menanggung beban hidup, kegagalan, tekanan eksternal dan permasalahan berat lainnya. 

Allah SWT menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Al-Qur’an memiliki banyak nama lain yang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Salah satu nama dan sifat Al-Qur’an yang belakangan banyak dibahas yakni Asy-Syifa atau sebagai penyembuh. 

"Dan Kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS. Al Isra: 82)

Dalam banyak penelitian, Al-Qur’an memiliki khasiat sebagai penawar penyakit baik jasmani maupun rohani. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Dr Ahmed Al-Qadhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat. Menurutnya, membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.

Dalam sebuah studi lain yang dilakukan di Universitas Salford, Inggris, para ahli menemukan bahwa para peserta yang membaca Al Quran menjadi jauh lebih rileks dan tenang setelahnya, dibandingkan peserta lain yang membaca buku biasa. 

Membaca Alquran dapat menenangkan pikiran dan batin, sesuai dengan firman Allah SWT yang dinyatakan jelas dalam surat Ara-ra’d pada ayat 28 : “Orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat dengan Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat-Nya, hatimu menjadi tenteram.”

Ir. Abduldaem Al-Kaheel dalam bukunya yang berjudul “Al-Qur`an The Healing Book” menjelaskan beberapa ayat dalam Al-Qur’an yang bisa dibaca saat seseorang merasakan sakit baik rohani maupun jasmani. Berikut penjelasannya.

1. Membaca Surah Al-Fatihah sebanyak tujuh kali

Surah Al-Fatihah sebagai pembuka dari kitab suci Al-QUr’an memiliki banyak keutamaan. Para ulama pun telah bersepakat mengenai keunggulan surah yang juga disebut sebagai Ummul Qur’an ini. 

Rasulullah SAW bersabda “Demi Zat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah yang setara dengan surah Al Fatihah dalam Taurat, Injil, dan Zabur, bahkan dalam Al Qur’an.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Membaca Ayat Kursi atau Al-Baqarah Ayat 255

Ayat Kursi diyakini punya posisi penting dalam penyembuhan jika dibaca bagi mereka yang sedang sakit. Allah SWT akan memelihara orang yang membacanya dari seluruh kejahatan, keburukan, dan penyakit. Ayat ini sangat disarankan untuk dibaca pada saat pagi dan sore hari.

3. Dua ayat terakhir surat Al-Baqarah

Rasulullah menyebutkan, barang siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai keburukan, penyakit, rasa khawatir, dan gelisah.

4. Surah Al-Ikhlas

Surat ini setara dengan sepertiga Al Qur’an, sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW. Surat ini mengandung makna tentang sifat-sifat keesaan Allah SWT yang tak ada di ayat lainnya. Karenanya, surat ini disebut penting sekali untuk penyembuhan semua penyakit.

5. Surah Al-Falaq dan An-Naas

Rasulullah SAW bersabda, tidak ada sesuatu yang bisa melindungi seorang mukmin melebihi dari dua surat ini. Ketika seorang mukmin berlindung kepada Allah SWT dan membaca dua surat ini, maka Allah SWT akan melindungi dan membentenginya dari berbagai keburukan penyakit.

Al-Qur’an merupakan pedoman yang paling mulia bagi setiap muslim. Karenanya, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya.” Dewasa ini, belajar Al-Qur’an bisa dilakukan dimanapun kapanpun. Apalagi saat ini sangat banyak website atau situs di internet yang menyediakan layanan praktis belajar Al-Qur’an. Seperti yang salah satunya ditawarkan oleh bisaquran.com dan tafsirweb.com. 

Bisaquran.com menghadirkan sarana full digital berupa kelas online berbasis aplikasi instant messaging, atau menggunakan website khusus sebagai Learning Management System (LMS). Tak hanya itu, ada pula yang menggunakan sistem hybrid yakni menggabungkan materi klasik berupa buku dan video pembelajaran. 

Sementara itu, tafsirweb.com memberikan akses untuk mempelajari tafsir al-Qur’an dengan beragam versinya. Di antaranya yakni, Tafsir Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementrian Agama Saudi Arabia, dan lain sebagainya. Semuanya tersedia gratis untuk dibaca.

Penulis : Tubagus Guritno
Editor: Tubagus Guritno
Berita Terkait