Djarum Foundation Resmikan Beauty and Spa Academy SMK PGRI 1 Kudus

Tubagus Guritno | 19 September 2019 | 19:16 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Produk dan perawatan kecantikan kini sudah menjadi kebutuhan pokok, terutama untuk perempuan.

Banyak kaum Hawa yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk urusan penampilan, dan mereka tidak menganggapnya sebagai pemborosan karena merasa sepadan dengan hasilnya. Potensi bisnis kecantikan pun menjadi sangat menjanjikan.

Djarum Foundation--yang tidak pernah berhenti membantu pendidikan anak negeri agar menjadi manusia yang berkualitas tinggi, diantaranya dengan pembinaan  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kudus--menangkap fenomena tersebut.

Kali ini giliran SMK PGRI 1 Kudus yang "dipermak" oleh Djarum Foundation. Banyaknya kebutuhan kecantikan dan terapis dibidang spa baik di dalam mau pun di luar negeri mendorong Djarum Foundation dengan menggandeng Mustika Ratu “menyulap” Jurusan Tata Kecantikan Kulit di SMK PGRI 1 Kudus menjadi sekolah yang menyiapkan tenaga –tenaga keterampilan di bidang kecantikan.

Jurusan Tata Kecantikan Kulit di sekolah yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Golantepus, Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah itu dikembangkan menjadi sebuah “Academy”.  

Tidak hanya sekedar belajar teori dan praktik alakadarnya, tapi juga para siswa diberi pelatihan keterampilan sebagai ahli kecantikan berstandar hotel bintang lima.

”Kami memilih SMK PGRI 1 Kudus, karena jurusan ini tergolong unik dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Djarum Foundation bersama Mustika Ratu yang merupakan payung besar yang membantu menyiapkan tenaga ahli di bidang perawatan kecantikan dan terapi spa dengan standar internasional,” ujar Primadi H. Serad, Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation. 

Di sekolah ini tersedia peralatan kulit, wajah dan rambut yang sangat modern. Bahkan sama dengan tempat salon terkemuka di kota-kota besar. 

Menurut Primadi langkah awal yang dapat dilakukan untuk memajukan jurusan Tata Kecantikan Kulit di SMK PGRI 1 Kudus ini adalah memulainya dengan pengembangan dan penyelarasan kurikulum. 

”Setelah persiapan teori yang cukup matang, nantinya para pelajar akan mendapatkan binaan langsung dari pelaku industri. Dalam hal ini guru sebagai ujung tombak pembelajaran untuk mendapatkan pelatihan khusus di berbagai bidang perawatan kecantikan dan terapi spa,” tambahnya. 

Tidak berhenti sampai di situ, Djarum Foundation juga ikut memberikan tambahan fasilitas dengan standar internasional yang dapat digunakan para pelajar selama program pelatihan berlangsung. 

”Kami memberikan beberapa fasilitas seperti beragam peralatan perawatan kecantikan dan terapi spa. Seperti alat makeup, facial hingga perlengkapan massage terbaik,” tambah Primadi.

Dengan fasilitas ini, para siswa akan mudah menyesuaikan diri ketika terjun ke industri kecantikan dan siap untuk bekerja. Saat ini tiga alumni SMK PGRI 1 Kudus sedang disiapkan untuk diberangkatkan ke Kanada pada salah satu gerai MRI diakhir tahun ini. 

Sebagai bentuk keseriusannya, Djarum Foundation menggelar “Inauguration Ceremony” Beauty and Spa Academy, SMK PGRI 1 Kudus.

Tema yang diusung acara yang digelar pada Kamis, 19 September 2019 ini adalah “Melestarikan Kecantikan Nusantara”. 

Mengapa tema tersebut yang dipilih, Primadi mengungkapkan alasannya, “Kami ingin masyarakat memiliki pemahaman tentang Kecantikan Nusantara yang tidak sebatas fisik. Melainkan dalam pengertian seluas-luasnya, baik menyangkut kecerdasan, ketrampilan, perilaku manusia Indonesia bahkan sampai ke kecantikan alamnya”.

Sementara itu, Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Isabella Silalahi, mengatakan bahwa perusahaannya sangat mendukung dan senang bekerjasama dengan pemerintah dan Djarum Foundation untuk bergandengan tangan membangun kompetensi guru dan siswa SMK PGRI 1 Kudus ini sebagai Beauty and Spa Academy yang handal dan menjadi kebanggaan di mana lulusannya adalah siswa-siswa yang siap bekerja dan bersaing dengan penghasilan yang lebih baik di era industri 4.0. 

“PT Mustika Ratu Tbk sebagai perusahaan lokal yang bergerak di bidang industri kosmetik dan jamu tradisional, telah dan akan terus mendukung SMK PGRI 1 Kudus dengan memberikan produk-produk berkualitas dan berbasis budaya untuk mendukung praktek murid-murid di sekolah ini,” ujar Isabella Silalahi.

Lebih lanjut, Isabella juga mengatakan bahwa Mustika Ratu telah memberikan bantuan tenaga ahli dalam pengembangan kurikulum tata kecantikan, serta pelatihan bagi guru-guru SMK PGRI 1 Kudus dengan menyesuaikan kondisi tuntutan industri terkini. 

"Kami berkomitmen untuk menyalurkan lulusan Beauty & Spa Academy, SMK PGRI 1 Kudus ke jaringan spa yang kami miliki di dalam maupun luar negeri,“ ungkap Isabella.

Beauty & Spa Academy, SMK PGRI 1 Kudus diresmikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, HM. Hartopo, ST, MM, MH, disaksikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Jumeri, S.TP., M.Si., Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dr. lr. M Bakrun, M. M., Primadi H. Serad, Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation, serta  Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Isabella Silalahi.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh oleh pemerintah, Djarum Foundation, dan Mustika Ratu, lalu dilanjutkan dengan pengguntingan untaian ronce melati.

Turut hadir dalam seremonial persemian Beauty and Spa Academy SMK PGRI 1 Kudus, antara lain Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Cholock Rotinsulu serta artis sekaligus influencer kecantikan Michelle Ziudith

Djarum Foundation  tidak pernah berhenti membantu anak negeri menjadi lebih baik, utamanya dalam bidang pendidikan, diantaranya dengan pembinaan  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kudus. Saat ini Djarum Foundation telah berhasil membina 16 SMK dengan 18 kompetensi keahlian yang ada di Kudus.

Penulis : Tubagus Guritno
Editor: Tubagus Guritno
Berita Terkait