Hamish Daud Ingin Edukasi Masyarakat untuk Melestarikan Binatang Laut

Supriyanto Sabtu, 12 Oktober 2019 19:00:23
Hamish Daud. (Supriyanto/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Memperingati Hari Binatang Sedunia pada 4 Oktober, Hamish Daud sebagai CEO Yayasan Indonesian Ocean Pride (IOP) bekerja sama dengan Sorak Gemilang Entertainment (SGE Live) gencar mengampanyekan sayangi lingkungan.

Salah satunya mengedukasi masyarakat Indonesia untuk menjaga keberlangsungan hidup binatang-binatang laut dari ancaman kepunahan melalui kegiatan eksplorasi dan kolaborasi seni digital di "TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives", di Gandaria City, Jakarta.

"Hari ini pertama kali kita umumkan bahwa Indonesia Ocean Pride akan berkolaborasi dengan future park, exciting project, campaign bersama bagaimana kita ngajarin anak-anak kecil dan orang tuanya juga tentang spesies-spesies yang ada di lautan kita yang terancam, dan mungkin hampir punah," ujar Hamish Daud dalam jumpa pers di Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (11/10).

Hal tersebut sekaligus mengajak pengunjung dalam berpartisipasi menjaga lautan melalui hal-hal sederhana, seperti mengurangi limbah plastik serta membuang sampah pada tempatnya agar tidak mencemari lautan. Adapun kegiatan ini akan berlangsung dari 11 Oktober hingga 11 November 2019.

Hamish Daud (Supriyanto/tabloidbintang.com)
Hamish Daud (Supriyanto/tabloidbintang.com)

"Campaign pertama Indonesia Ocean Pride tentang sampah karena itu sangat hot topic. Banyak orang enggak tahu tentang sampah, yang penting rumahnya bersih, yang penting tokonya bersih, saya mau ngomongin semua masalah-masalah tentang sampah yang orang enggak tahu. Sampah dari laut itu banyak berasal dari darat," terang Hamish Daud.

"TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives" merupakan pameran seni interaktif terbesar di Jakarta yang menggunakan teknologi digital, serta mengusung konsep kreasi kolaborasi (co-creation).

Salah satu instalasi yang terdapat di dalamnya adalah Sketch Aquarium, yang memungkinkan pengunjung untuk mewarnai binatang laut sesuai imajinasi. Binatang laut yang sudah diwarnai pun akan hidup dan berenang di dalam akuarium raksasa, serta bereaksi terhadap sentuhan manusia.

Selain itu, kolaborasi SGE Live dan IOP juga berupa penghimpunan donasi melalui penjualan tanda mata edisi terbatas bergambar ikan laut Indonesia yang terancam punah, hasil karya Hamish Daud. Pengunjung dapat turut serta memberikan donasi, serta memperoleh tanda mata ini dengan syarat membeli minimal 2 tiket "TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives", untuk dapat membeli maksimal 2 tanda mata secara pre-order.

"Kita ingin membuka mata masyarakat juga mungkin mereka cuma bisa lihat spesies di digital dinding seperti ini, mungkin sudah tidak ada di laut lagi pas mereka turun ke laut. So, ini satu education platform yang menarik, baru, effective dan sangat dibutuhkan," pungkas Hamish Daud.

(pri)

 

Penulis Supriyanto
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.