Menjaga Gaya Hidup Sehat Demi Kulit Cantik Nan Menarik

Yuriantin Senin, 14 Oktober 2019 10:00:41
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kulit cantik akan meningkatkan rasa percaya diri wanita. Kulit cantik juga merupakan pertanda tubuh yang sehat. Maka untuk mendapatkan kulit cantik harus bermula dari gaya hidup sehat.

Beberapa kebiasaan sehat berikut wajib Anda terapkan. 

Asupan Makanan yang Tepat 
Perhatikan menu makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Pastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi gizi seimbang dan jangan sampai makan berlebihan. Ubah kebiasaan makan dengan perlahan, dimulai dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran atau jadikan sebagai camilan. Jangan lupa, membatasi asupan gula dan garam serta hindari makanan kemasan. 

Cukupi Kebutuhan Cairan 
Sebagai organ terbesar tubuh manusia, kulit membutuhkan cairan agar tetap lembap. Penuhi asupan air sesuai anjuran yaitu sebanyak 8 gelas setiap hari. Bawa serta air putih kapanpun dan dimanapun Anda beraktivitas. 

Istirahat Berkulitas 
Durasi dan pola tidur yang konsisten bermanfaat bagi peremajaan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit. Regenerasi sel-sel kulit yang maksimal akan membuat kulit segar dan terlihat lebih kencang. Patuhi durasi waktu tidur sesuai anjuran para pakar kesehatan yaitu minimal 8 jam setiap harinya. Usahakan juga untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari.

Olahraga Rutin
Kegiatan olahraga akan memperlancar sirkulasi oksigen dalam darah. Hasilnya, kulit menjadi lebih cerah. Manfaat lain dari berolahraga adalah meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga mencegah proses penuaan dini. Tak terbiasa berolahraga? Mulailah dengan berjalan kaki. Pastikan berolahraga secara rutin minimal 75 menit dalam seminggu.  

Kelola Stres 
Kendati tak terhindarkan, Anda bisa mengatasi stres dengan berbagai cara. Mulai dari rekreasi, menjalani hobi hingga menenangkan pikiran lewat yoga dan meditasi. Jika Anda merasa tak punya waktu, ingat kembali stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memengaruhi penampilan fisik. Maka, kelola stres Anda dengan baik. 

Hindari Radikal Bebas 
Asap rokok, polusi udara, stres berlebihan, dan alkohol merupakan asal dari radikal bebas. Sayangnya, hal ini kadang tak disadari. Padahal, bila jumlah radikal bebas berlebihan dalam tubuh, berisiko menimbulkan berbagai macam penyakit seperti radang sendi, jantung, hipertensi, kanker, hingga kerusakan sel penyebab penuaan. Solusinya, lawan radikal bebas dengan konsumsi makanan tinggi antioksidan yang terdapat dalam sayur dan buah. 

Konsumsi Vitamin dan Asam Amino
Gejala kekurangan vitamin dan asam amino acap kali tak disadari. Padahal pertandanya seperti daya tahan tubuh menurun, mudah lelah, gusi berdarah atau sariawan, kulit kasar, kering hingga kusam, mungkin kerap dialami.

Khusus untuk gangguan kulit, kebiasaan sehari-hari juga membawa dampak. Di antaranya, terpapar sinar matahari ataupun AC setiap hari, perubahan cuaca, kebiasaan mandi air panas dan berenang di air yang mengadung klorin, dan penggunaan sabun berbahan kimia yang keras bagi kulit. Untuk menghindari semua dampak negatif ini, pastikan kebutuhan vitamin dan asam amino harian Anda tercukupi. Selain lewat makanan, penuhi asupan vitamin dan asam amino dengan konsumsi suplemen yang tepat. Suplemen yang mengandung vitamin C, B2, B3 (Nicotinamide), dan B6, serta asam amino seperti L-Cysteine dan Biotin.

Kandungan vitamin C sendiri telah dipercaya membantu menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Salah satunya, sumber referensi dari situs University of Maryland Medical Center yang menyebutkan B3, B6, dan biotin membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, jantung, serta membantu proses metabolisme lemak dan protein. Sebelum memilih suplemen, cermati kandungan di dalamnya. Ingat hidup sehat harus dijalani setiap hari. 

Penulis Yuriantin
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.