Survei: 46 Persen Orang Indonesia Percaya Akan Diurus Anak dan Kerabat Saat Tua

Panditio Rayendra Rabu, 30 Oktober 2019 16:07:18
Pasangan tua (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Saat usia produktif sudah lewat, Anda pensiun. Pertanyaannya, saat pensiun dan sudah tak punya penghasilan tetap apa yang akan Anda lakukan?

Kesadaran masyarakat Indonesia buat memikirkan kesejahteraan di hari tua masih rendah. Data terkini dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyebut pengelolaan dana pensiun di Indonesia hanya 266 triliun rupiah (sekitar 1,85 persen) dari produk domestik bruto. Data ini memantik pertanyaan baru. Mengapa orang Indonesia tak terlalu peduli pada kesejahteraan hari tua?


AIA Segmentation Study yang dilakukan pada 2018-2019 mengungkap fakta, salah satu penyebab rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan dana pensiun, adanya harapan yang tinggi (46 persen) bahwa kelak anak-anak atau kerabat keluarga menanggung biaya hidup saat pensiun. Padahal, kita tetap bisa mandiri di masa pensiun. Namun persiapan saat pensiun tidak bisa dadakan. Mental dan finansial Anda harus solid sejak dini. Presiden Direktur AIA, Sainthan Satyamoorthy, membenarkan hal ini.


“Kami melihat adanya kebutuhan yang tinggi untuk produk proteksi pensiun. AIA Market Landscape Survey 2018 menyebut sebanyak 63 persen masyarakat khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan finansial untuk mendukung kebutuhan hidup di hari tua,” ujarnya kepada tabloidbintang.com di Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rencana dana pensiun mesti disusun mumpung masih usia 30-an. AIA dan BCA merilis RetirePlan dengan berbagai manfaat untuk melindungi hari tua. RetirePlan asuransi jiwa tradisional dengan pilihan bayar 5, 10, 15, atau 20 tahun.


RetirePlan memberikan jaminan manfaat tahunan selama 15, 20, 25, atau 30 tahun. Manfaat tahunan dijamin hingga 130 persen premi tahunan dan manfaat akhir polis dijamin hingga 500 persen premi tahunan. “Ini penting. Walaupun dengan peningkatan Consumer Price Index (CPI) yang signifikan tiap tahun, kenyataannya tabungan dan deposito tak bisa mengikuti inflasi. Maka perencanaan dana pensiun berperan menjaga standar kualitas gaya hidup dan memenuhi kebutuhan di masa pensiun,” urai Wakil Presiden Direktur BCA, Suwignyo Budiman.

Penulis Panditio Rayendra
Editor Panditio Rayendra
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.