Panduan WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah

Redaksi Kamis, 16 April 2020 19:30:20
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah beberapa minggu menjalankan aktivitas dari rumah guna memutus mata rantai pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia mulai terbiasa untuk menerapkan cara baru dalam berkomunikasi dengan rekan kerja, keluarga, dan orang-orang terdekat.  

Menurut survei Buffer, agensi pengembangan brand online, secara global kesulitan untuk berkolaborasi dan berkomunikasi menjadi tantangan yang menempati posisi tiga teratas bagi pekerja yang bekerja dari rumah (remote workers). Bagi sebagian orang yang baru mengenal konsep WorkingFromHome (WFH), menatap layar terus menerus bisa membuat mereka merasa jenuh  dan terbebani. 

Selain itu, perusahaan riset pasar, Kantar, dalam survei COVID-19 Barometer secara global menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp mengalami peningkatan sebanyak 40% di antara pengguna usia 18-34 tahun. 

Berikut kami bagikan panduan sederhana dari WhatsApp untuk membantu Anda berkomunikasi dengan lancar selama periode WFH.

Tandai pesan dengan fitur bintang (star)!

Ketika bekerja dari rumah, hampir sebagian besar koordinasi soal kerjaan mungkin terjadi di WhatsApp dan bukan tidak mungkin Anda tergabung ke dalam grup WhatsApp baru. Alhasil notifikasi di WhatsApp menutupi pesan-pesan yang lebih penting. Jangan khawatir! Di WhatsApp, Anda bisa menandai pesan-pesan penting, sehingga dapat dengan mudah untuk menemukannya kembali di kemudian hari. Bagaimana caranya? Ketuk dan tahan pesan yang ingin Anda beri bintang > Ketuk Bintang. Anda juga dapat menemukan pesan-pesan berbintang tersebut dengan mengetuk “opsi lainnya” yang berbentuk tiga titik di kanan layar handphone Anda, kemudian ketuk Pesan berbintang.

Lantas, bagaimana jika Anda lupa untuk memberikan bintang pada dokumen, tautan, atau file media dari bulan-bulan sebelumnya? Anda tidak perlu khawatir karena WhatsApp memiliki bagian khusus untuk semua file media, tautan, dan dokumen di setiap ruang chat. Anda dapat menemukan file yang diperlukan di bagian tersebut dan ketuk bintang. 

Sesuaikan notifikasi Anda, bisukan bila perlu

Apakah Anda kerap menerima begitu banyak notifikasi dari grup-grup yang tidak berkaitan saat Anda sedang melakukan konferensi atau video call penting? Agar bisa fokus saat melakukan video call, Anda dapat menyesuaikan notifikasi, sehingga Anda bisa mengetahui notifikasi mana yang berasal dari bos, kolega, atau grup WhatsApp kantor Anda.

Untuk mengustomisasi notifikasi, pertama buka chat yang ingin Anda sesuaikan, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, ketuk Notifikasi khusus dan kemudian centang Gunakan notifikasi khusus. Jika Anda membutuhkan konsentrasi dan fokus yang lebih besar saat bekerja, Anda juga dapat membisukan notifikasi dengan membuka chat individual atau grup, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, dan ketuk Bisukan notifikasi. Pilih jangka waktu yang Anda inginkan untuk membisukan notifikasi, lalu ketuk OK.

Sematkan chat

Dalam komunikasi sehari-hari di WhatsApp, perhatian Anda terbagi dari satu grup chat dengan grup chat lainnya. Grup kantor mungkin memerlukan respon cepat, tapi di sisi lain Anda juga harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (online learning) anak Anda melalui grup chat khusus orang tua di sekolah. Menentukan prioritas Anda adalah kuncinya di sini. Fitur sematkan chat memungkinkan Anda untuk menyematkan grup kerja ke bagian atas daftar chat. Anda tidak akan lagi kesulitan mencari-cari grup kerja Anda di antara tumpukan chat-chat lainnya. Untuk pengguna iPhone, gesek ke kanan chat yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk Sematkan. Sementara untuk pengguna Android, ketuk dan tahan chat yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk Sematkan chat.

Jangan khawatir, seluruh pesan Anda aman!

Anda tidak perlu ragu untuk saling berkirim dokumen di WhatsApp karena pesan Anda terenkripsi secara end-to-end, sehingga pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status, dan panggilan Anda tidak akan jatuh ke tangan yang salah. Hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang dapat membaca pesan yang telah dikirim, dan tidak ada orang lain, bahkan WhatsApp. 

Istirahat sejenak dan sapalah teman Anda

Cobalah menelepon teman Anda atau orang-orang terdekat saat beristirahat atau seusai bekerja untuk sekadar saling sapa dan meringankan pikiran. Anda juga dapat melakukan panggilan grup hingga total empat orang melalui WhatsApp. Untuk melakukannya, Anda tinggal membuka chat dengan salah satu kontak yang ingin Anda hubungi melalui panggilan suara, lalu ketuk Panggilan Suara. Setelah kontak tersebut menerima panggilan, ketuk Tambah Peserta. Kemudian, cari atau pilih kontak lainnya yang ingin Anda tambahkan ke panggilan.


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.