Mengejutkan, 1 dari 4 Wanita Salah Beli Obat Karena Tanya Google!

Binsar Hutapea Rabu, 10 Juni 2020 21:00:23
1 dari 4 wanita telah membeli obat yang salah setelah salah mendiagnosis dirinya sendiri lewat internet. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Satu dari 4 wanita telah membeli obat yang salah setelah salah mendiagnosis dirinya sendiri lewat internet dan 1 dari 10 wanita di antaranya menderita efek samping dari tindakan tersebut.

Menurut penelitian, setengah dari wanita telah mendiagnosa dirinya sendiri secara online dan membeli obat tanpa bertanya terlebih dahulu kepada apoteker tentang produk obat yang benar. Dengan proporsi yang sama, para wanita pun mengaku akan mencari pengobatan untuk masalah kesehatannya sendiri sebelum berkonsultasi kepada dokter.

Alasannya, 1 dari 10 wanita merasa ragu-ragu untuk mendiskusikan masalah kesehatannya dengan keluarga karena tak mau ada "kehebohan" di antara anggota keluarganya, sedangkan sepertiganya mengaku mencari penjelasan tentang penyakitnya secara online sebagai panduan sebelum berhadapan dengan sang dokter.

Bahkan seperempat wanita mengaku "ketakutan" saat berbicara dengan dokter.

Ironisnya, sepertiga wanita telah menghabiskan waktu sedikitnya dua minggu berkutat sendiri dengan masalah kesehatannya sebelum menemui dokter. Bahkan 1 dari 20 wanita mengaku telah menghabiskan waktu lebih dari setahun bertahan menghadapi gejala-gejala penyakitnya sebelum mencari pertolongan medis.

Gejala-gejala penyakit yang paling banyak mendorong wanita untuk mendiagnosis dirinya sendiri antara lain masalah tidur, sakit kepala dan depresi, sedangkan nyeri otot, gatal dan kelelahan biasanya mendorong wanita untuk berkonsultasi dengan Dokter Google.

Karena pengetahuan medis yang tidak memadai, akibatnya seperlima wanita selama beberapa waktu menduga dirinya mengidap penyakit yang serius. Menurut survei, alarm palsu yang paling sering terjadi pada sebagian besar wanita ini terkait dengan penyakit kanker payudara. Banyak wanita pun telah salah mendiagnosa dirinya menderita sariawan, tekanan darah tinggi atau asma.

Seperti dilansir The Telegraph, survei yang melibatkan 1.000 wanita ini dilaksanakan oleh sebuah merek produk kesehatan wanita dari Inggris, Balance Activ.

Berbeda di inggris, beda pula indonesia. SehatQ.com, startup yang khusus dibidang kesehatan memberikan layanan gratis untuk konsultasi Tanya Dokter secara online dengan biaya gratis. Anda bisa mencoba menggunakan layanan ini pada website dan applikasi yang bisa diunduh di playstore bagi android, atau app store pada apple.

Ragam manfaat bisa Anda dapatkan seperti tanya jawab dokter online, diskusi seputar kesehatan keluarga, tumbuh kembang anak, kehamilan, pola hidup sehat di forum SehatQ.

Penulis Binsar Hutapea
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.