Bepergian Naik Bus Saat Pandemi, Ini Barang yang Wajib Dibawa!

Romauli Selasa, 8 September 2020 06:35:30
Memasuki masa new normal tentu ada protokol kesehatan yang perlu dilakukan, termasuk saat naik transportasi umum.

TABLOIDBINTANG.COM - Memasuki masa new normal tentu ada protokol kesehatan yang perlu dilakukan, termasuk saat naik transportasi umum. Ketika Anda hendak bepergian dengan menggunakan bus yang mana tiket damri juga bisa dipesan di traveloka, maka ada beberapa hal yang harus Anda terapkan di era adaptasi kebiasaan baru saat ini.

Anda kini perlu membawa beberapa barang penting yang harus selalu disiapkan di dalam tas. Apa saja barang-barang yang wajib dibawa tersebut?

1. Hand Sanitizer

Untuk menghindari bakteri-bakteri di bagian-bagian tertentu di bus, sebaiknya sediakan selalu hand sanitizer di tas yang biasanya dikemas dalam bentuk botol. Ini sangat praktis dan mudah Anda gunakan.

2. Masker Cadangan

Barang yang wajib Anda bawa selalu saat naik bus adalah masker cadangan. Karena selama masa pandemi ini setiap orang diwajibkan untuk memakai masker agar tidak terpapar virus melalui mulut dan juga hidung. Jika masker sudah kotor, maka bisa langsung diganti. Disarankan agar mengganti masker setiap 4 jam sekali dengan masker yang higienis.

3. Membawa Botol Minum Sendiri

Lebih baik membawa botol minum sendiri. Selain hanya digunakan secara pribadi dan sudah terjamin kebersihannya, cara ini juga efektif untuk mengurangi sampah plastik dari minuman kemasan yang Anda beli.

4. Membawa Peralatan Makan Sendiri

Jika Anda naik bus dengan jarak yang cukup jauh, biasanya bus akan membawa penumpangnya di tempat pemberhentian seperti rumah makan untuk beristirahat sejenak. Sebaiknya membawa sendiri peralatan makan pribadi untuk menjamin kebersihannya.

5. Tisu Basah

Tisu basah ini bisa sebagai pengganti handsanitizer untuk mengelap tangan Anda. Bahkan Anda bisa menggunakan tisu basah ini untuk mengelap beberapa benda, seperti HP, kursi yang akan Anda duduki, dan benda lainnya agar lebih higienis sebelum disentuh atau gunakan. 

6. Bantal Travelling dan Jaket

Biasanya beberapa bus menyediakan bantal dan selimut untuk para penumpangnya agar bisa tetap nyaman di dalam perjalanan. Namun, di era new normal ini ada beberapa bus yang tidak menyediakan fasilitas tersebut untuk meminimalkan potensi penyebaran virus COVID-19. Anda bisa berjaga-jaga dengan membawa bantal travelling atau bantal leher sendiri dan jaket agar tidak kedinginan selama di perjalanan akibat AC. 

7. Vitamin

Di masa pandemi ini penting sekali bagi setiap orang perlu konsumsi vitamin agar selalu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terpapar penyakit.

8. Baju Lengan Panjang

Lebih baik jika Anda mengenakan baju yang berlengan panjang. Agar tubuh Anda tidak berkontak langsung dengan penumpang lainnya atau dengan benda-benda yang ada di sekitar. Karena Anda tidak tahu benda yang tersentuh di badan bisa saja telah menempel banyak bakteri maupun virus yang bisa berpindah ke tubuh Anda.

Dengan begitu,, di masa new normal ini tidak hanya pihak penyedia transportasi umum saja yang menerapkan protokol kesehatan. Namun, sebagai penumpang juga turut menerapkannya dengan membawa barang-barang yang bisa melindungi diri. Barang-barang tersebut usahakan untuk selalu dipersiapkan terlebih dahulu di tas sebelum berangkat agar tidak ada yang tertinggal dan perjalanan bisa tetap aman dan nyaman.

Penulis Romauli
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.