Guru Harus Upgrade Diri dengan Mengikuti Webinar di Tengah PSBB

Redaksi Jumat, 18 September 2020 11:30:08
Webinar untuk guru ini akan berlangsung terus tiap minggunya untuk memberi kesempatan kepada guru untuk tetap bisa mengupgrade diri selama PSBB atau pandemi masih berlangsung.

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia sejak Maret 2020 lalu yang artinya 6 bulan sudah kita berjibaku hidup berdampingan dengan virus corona. Sampai saat ini belum ada kepastian kapan pandemi ini berakhir.

Hal tersebut juga berpengaruh pada kapan sekolah-sekolah di Indonesia akan aman untuk dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya yaitu untuk belajar. Untuk memutus rantai penularan, pemerintah harus membuat kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR) sebagai alternatif untuk roda pendidikan tetap berjalan di tengah keterbatasan. Tatap muka yang biasa dilakukan guru dan siswa kini beralih menjadi tatap maya. Adaptasi ini tidak hanya untuk siswa namun juga untuk guru. 

Guru dituntut untuk tetap belajar dan berdaya kreatif untuk pembelajaran yang lebih menarik walaupun tanpa harus tatap muka langsung dengan siswa. Bukan sesuatu yang mudah untuk beradaptasi dengan keadaan baru dan sarana baru dalam pengajaran.

Namun, kondisi saat ini juga dapat dilihat sebagai peluang untuk guru-guru di Indonesia dalam usaha mengupgrade kemampuan. Salah satu contoh yang krusial adalah kemampuan dalam bidang pemanfaatan teknologi. Teknologi merupakan alat pendamping yang dapat dimaksimalkan selama pembelajaran jarak jauh.

Selain pemanfaatan teknologi untuk mengajar peserta didik, guru juga dapat memanfaatkan teknologi untuk memperkaya wawasan selama pandemi.

Pendidikan.id bekerjasama dengan Kemdikbud dan organisasi-organisasi lain memberikan ruang bagi guru untuk mengikuti seminar online atau akrab kita sebut webinar setiap minggu. Dengan topik-topik yang relevan dan menarik, serta narasumber yang kompeten di bidangnya, webinar ini dapat diikuti secara gratis setiap hari Sabtu pukul 09.00 - 12.00 WIB di kanal live.pendidikan.id 

Beberapa topik webinar yang telah berjalan antara lain Peran Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh Menyikapi New Normal, Penguatan Pendidikan Karakter di Era New Normal, Pembelajaran Berbasis Hybrid dan lain-lain yang saat ini total webinar sudah diadakan mencapai 15 webinar yang semua dapat diakses di pendidikan.id/webinar/ 

Webinar untuk guru ini akan berlangsung terus tiap minggunya untuk memberi kesempatan kepada guru untuk tetap bisa mengupgrade diri selama PSBB atau pandemi masih berlangsung. Sebagai apresiasi bagi guru yang menyimak webinar, disediakan e-sertifikat 32 jam. Selain mendapat ilmu, para guru juga akan mendapat e-sertifikat. 

Mari kita tetap bertumbuh untuk selalu mengedukasi diri. Belajar untuk menghadapi tantangan-tantangan baru dan tidak terjebak dalam kungkungan pandemi. Kabar baik bagi para guru, webinar masih akan terus diadakan tiap minggu dengan topik-topik yang lebih menarik. Silakan simak terus sebagai bahan referensi meng-upgrade diri. 

Info lebih lanjut tentang Kegiatan Webinar Nasional Untuk Guru ini silakan kunjungi: http://webinar.pendidikan.id atau hubungi email: info@pendidikan.id

Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.