Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Tengah Pandemi

Romauli | 21 Oktober 2020 | 11:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak dipungkiri dampak ekonomi karena pandemi yang berkepanjangan mulai terasa bagi masyarakat.

Meski demikian, dengan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi yang kebanyakan waktu dihabiskan di rumah dapat digunakan masyarakat untuk lebih kreatif mencari penghasilan tambahan atau cuan sehingga bisa keluar dari permasalahan ekonomi. 

Untuk itu, fintech lending di Indonesia UangTeman berbagi ide dan saran untuk membuka peluang usaha di tengah pandemi.

"Ada banyak cara untuk tetap produktif mencari penghasilan tambahan dan cukup di rumah saja," kata M Rizqi Tri Azhariyadi selaku Head of Marketing Communication UangTeman dalam diskusi virtual, belum lama ini.

Saat ini, lelaki yang akrab disapa Qitri ini menjalankan usaha sampingan berjualan masker motif secara online. Dia juga mengambil pekerjaan sampingan lain yang berhubungan dengan pembentukan ide iklan promosi brand tertentu. Dari usaha sampingan itu, Qitri bisa memperoleh cuan hingga lebih dari Rp 50 juta. 

“Contoh yang saya jalani berjualan online bisa dapat untung Rp 1-5 juta per bulan. Lalu, dari hobi menulis dan mikir konsep akhirnya menambah pendapatan saya hingga Rp 100 juta. Ini 75-80 persen pekerjaannya dilakukan di rumah,” ungkapnya. 

Tak hanya itu, Qitri menambahkan bisnis lainnya yang bisa dilakukan di rumah. Seperti pakaian, makanan atau minuman, aksesoris dan peralatan olah raga. 

Berjualan di masa pandemi akan semakin maksimal ketika memanfaatkan media sosial untuk media berjualan ke masyarakat. 

Senior Digital Marketing Manager UangTeman Fajar Rahanda Danaswara mengatakan tema dan konten yang sesuai adalah hal penting untuk menghasilkan keuntungan dengan bermodal media sosial. 

“Kita harus tahu target pembeli kita siapa. Pilih tema konten, mau lucu-lucuan, horor, atau bahkan kontroversial. Tema ini mesti konsisten. Jangan lupa berinteraksi dengan akun yang lebih besar. Lalu, melakukan promosi seperti endorsement resmi, paid promote, dan bisa juga melakukan affiliate marketing dengan komisi sekitar 2 persen. Kalau kita konsisten, bisa menghasilkan,” ujar Fajar yang juga seorang Selebtwit. 

UangTeman sendiri telah melakukan beberapa inovasi untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin memulai bisnisnya dari rumah dengan menambah produk dan membesarkan ticket size jumlah pinjaman. 

Dari hasil survei nasabah UangTeman, 31 persen dari total nasabah perusahaan menggunakan pinjaman sebagai modal bisnis. Kehadiran fintech lending membuat proses pinjaman dana jadi makin mudah.

"Kami menambah dua produk yang mendukung masyarakat mendapat pinjaman dengan mudah dan cepat," tambah Roberto Sumabrata, SPV Head of Corporate Affairs UangTeman.

Penulis : Romauli
Editor: Romauli
Berita Terkait