Ingin Kuliah di Dalam atau Luar Negeri? Ini yang Perlu Diperhatikan

Romauli Minggu, 20 Desember 2020 23:45:32
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah lulus SMA, pastinya Anda ingin meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu kuliah ke perguruan tinggi. Di jenjang pendidikan ini, Anda harus jeli dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi. 

Ragam pilihan yang akan dihadapi pun cukup banyak, mulai dari lokasi institusi pendidikan dalam negeri hingga luar negeri. Masing-masing pilihan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya, untuk itu Anda perlu jeli dalam menentukannya.

Saat memiliki keinginan berpendidikan di luar negeri, Anda tentu perlu memahami banyak pertimbangan. Pasalnya, pendidikan di dalam negeri pun memiliki kualifikasi yang cukup baik. Jadi, pastikan bahwa pilihan sesuai dengan tujuan utama kamu berkuliah ya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menentukan pilihan kuliah:

1.    Kualitas jurusan 

Sebelum masuk dan mendaftar ke perguruan tinggi tertentu, Anda harus menentukan jurusan yang hendak dipilih. Selanjutnya, coba bandingkan kualitas jurusan studi di dalam maupun luar negeri. Anda bisa mencari pertimbangan seperti mata kuliah, tenaga pengajar, dan juga fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar. 

2.    Peluang kerja yang dipilih

Memilih meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi tentu menjadi salah satu cara agar bisa mendapat pekerjaan yang mapan. Untuk itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan peluang dunia kerja saat akan memilih jurusan. 

Bila Anda ingin bekerja di Indonesia dan tak kemana-mana, kuliah di dalam negeri menjadi pilihan yang bijak. Selain perguruan tinggi di Indonesia sudah diakui dan menyesuaikan kompetensi di dunia kerja Indonesia. Sebaliknya, jika ingin memiliki karir hingga mancanegara maka kuliah di luar negeri bisa jadi opsi. Pasalnya, pilihan tersebut akan membantu Anda mencari koneksi dan peluang kerja di masa datang. 

3.    Mempertimbangkan kondisi finansial 

Kondisi finansial Anda juga perlu menjadi pertimbangan utama saat kuliah. Baik kuliah di dalam ataupun di luar negeri pastinya membutuhkan biaya untuk kuliah dan kehidupan sehari-hari yang harus dipenuhi.

Biasanya, kuliah di luar negeri cenderung membutuhkan lebih banyak biaya karena Anda berada di negeri orang dengan kebutuhan dan taraf hidup berbeda pula. Biasanya harga kebutuhan di luar negeri jauh lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. 

4.    Mempersiapkan Mental 

Saat masuk ke perguruan tinggi di dalam ataupun luar negeri, Anda harus mempersiapkan mental. Hal ini dikarenakan Anda harus terbiasa mandiri baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun saat proses belajar mengajar. Jika perguruan tinggi jauh dari rumah, Anda harus menyewa indekos yang pastinya menuntut Anda lebih mandiri. 

5.    Adaptasi 

Tak hanya itu saja, adaptasi juga akan menjadi permasalahan saat Anda memilih kuliah di dalam ataupun luar negeri. Tetapi, mungkin untuk beradaptasi di luar negeri Anda memerlukan usaha yang lebih karena lingkungan, budaya, dan bahasa yang benar-benar berbeda. 

Lalu, dari beberapa aspek tersebut mana pilihan yang lebih cocok bagi Anda? Jika tetap berkeinginan kuliah di luar negeri namun terhambat dalam beberapa aspek, tak ada salahnya memilih universitas internasional. Salah satunya, Anda bisa memilih Universitas Sampoerna

Tak perlu belajar hingga ke luar negeri, melalui pendidikan Sampoerna University pun Anda bisa menjadi lulusan berkualitas layaknya lulusan universitas mancanegara. Dengan menggunakan kurikulum berbasis Amerika Serikat, Anda pun bisa mendapat gelar ganda sekaligus yang berasal dari University of Arizona maupun Sampoerna University. 


 

Penulis Romauli
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.