Penting! Ini 7 Cara Mengurangi Limbah Plastik Rumah Tangga

Redaksi Sabtu, 27 Pebruari 2021 09:00:50
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Jangan biarkan sampah plastik menumpuk di rumah apalagi mencemari lingkungan dengan membuang sembarangan. Mulailah untuk mengurangi limbah plastik rumah tangga yang akan memberikan dampak baik bagi lingkungan. Gaya hidup bergantung dengan plastik memang sulit untuk langsung dihilangkan tetapi perlu proses yang harus ditekuni. 

Sampah plastik menjadi penyumbang terbesar pencemaran lingkungan terutama laut. Plastik tidak bisa diurai dengan cepat dan butuh waktu bertahun-tahun. Botol plastik, kantong belanja, plastik shampo, botol kosmetik adalah beberapa contoh sampah plastik yang jumlahnya sangat tinggi. Bagaimana cara mengatasi penggunaan dari jenis-jenis plastik yang sudah jadi kebiasaan ini? 

Indonesia memiliki 64 juta ton sampah plastik tiap tahunnya dan 3.2 juta diantaranya dibuang ke laut. Betapa mirisnya laut Indonesia tercemar oleh sampah plastik, padahal lat menjadi sumber kehidupan banyak orang. Sebagai masyarakat Indonesia kita turut bertanggung jawab
akan kondisi yang sedang terjadi ini.

Oleh karena itu mengurangi limbah plastik rumah tangga adalah cara yang perlu dilakukan. Jika setiap rumah tangga mulai sadar akan hal ini maka sampah plastik akan berkurang dengan sendirinya. Apa saja cara mengurangi sampah plastik di rumah yang bisa dimulai?

1. Berbelanjalah dengan tas kain

Beberapa supermarket besar sudah menerapkan untuk tidak lagi menggunakan tas plastik. Sebagai gantinya masyarakat diberikan pilihan untuk menggunakan kantong belanja dari kain, kertas atau kardus. Tas belanja dari plastik jadi tidak akan menumpuk di rumah sehingga
mengurangi sampah plastik dengan cara ini sangat efisien.

Supaya lebih hemat, siapkan tas belanja kain dari rumah sehingga Anda tidak perlu membeli berkali-kali tas belanja dari kain atau bahan selain plastik di rumah. Anda juga bisa menggunakan kardus untuk alternatif jika barang belanjaan dalam jumlah banyak.

2. Menyediakan botol dan tempat makan sendiri

Kantong plastik adalah sumber sampah rumah tangga yang jumlahnya tidak sedikit. Selain berbelanja di supermarket, kantong plastik banyak berasal ketika Anda berbelanja makanan. Menyediakan botol minuman dan tempat makan sendiri adalah pilihan tepat.

Anda bisa menyediakan Tupperware di rumah untuk digunakan pada saat membeli makanan di luar. Bukan hanya kantong plastik, styrofoam dan mika yang akhirnya nanti menjadi sampah rumah tangga juga akan berkurang. Cara mengurangi limbah plastik rumah tangga ini juga bikin hemat, karena beberapa tempat makan biasanya memberikan tambahan biaya untuk kemasan take away. Jadi Anda tak perlu
membayar biaya tambahan lagi.

3. Tak perlu lagi membeli air kemasan

Sering bepergian dan selalu membeli air kemasan dalam botol plastik? Anda hanya akan menumpuk botol plastik di rumah semakin banyak. Tak perlu lagi membeli air kemasan dalam botol jika Anda sudah menyiapkan botol air kemanapun pergi. Selain itu membawa botol air
minum sendiri juga lebih aman.

Ketika di rumah Anda bisa membeli air galon isi ulang daripada menimbun air minum kemasan. Terutama menyiapkan air kemasan gelas plastik untuk tamu. Hindari kebiasaan ini yang hanya akan menambah jumlah sampah plastik.

4. Manfaatkan sisa botol plastik di rumah

Jangan buang botol plastik sisa di rumah, Anda bisa memanfaatkannya. Karena jika dibuang maka sama saja akan mencemari lingkungan. Jika masih tersisa beberapa botol plastik manfaatkanlah agar menjadi barang yang berguna di rumah. Cara mengurangi limbah plastik rumah tangga dengan mendaur ulang botol menggunakan cara kreatif.

Misalnya saja menjadikan botol sebagai pot tanaman di rumah atau hiasan lampu yang unik. Anda jadi tidak perlu membeli polybag tanaman atau pot plastik lagi. Disisi lain Anda bisa melestarikan lingkungan di rumah dengan memperbanyak tanaman.

5. Sudah benarkah cara menyimpan makanan di lemari es

Apakah Anda sudah melakukan penyimpanan bahan makanan dengan benar di lemari es? Banyak yang masih salah karena memanfaatkan kantong plastik untuk menyimpan sayur atau buah. Apalagi jika Anda menyimpan buah dalam tas plastik setelah membelinya di supermarket.

Cara ini salah, sebaiknya Anda menyimpan buah dalam keadaan terbuka tanpa harus dibungkus plastik. Membungkusnya dengan kertas coklat pun bisa jadi alternatif yang membuat bahan makanan jadi lebih awet. Bisa juga menggunakan kertas roti atau alas kue dari bahan silikon.

6. Tak perlu menggunakan sedotan plastik lagi

Apakah Anda sering menyediakan sedotan plastik di rumah atau membeli minuman dengan sedotan ini? Cara mengurangi limbah plastik rumah tangga lain yang bisa Anda mulai adalah menghindari penggunaan sedotan plastik.

Sebagai gantinya sudah banyak produk yang ramah lingkungan berbentuk sedotan yang menggantikannya. Seperti sedotan dari bambu atau stainless steel yang praktis digunakan di rumah dan di bawah ke mana saja. Tak lagi menggunakan sedotan adalah cara mengatasi
sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan.

7. Belajar bagaimana mendaur ulang sampah plastik

Sama halnya dengan memanfaatkan botol sebagai pot di rumah, Anda bisa memanfaatkan sampah plastik lainnya untuk didaur ulang. Anda mungkin akan kesulitan untuk tidak lagi menggunakan bahan plastik di rumah, tapi jika sampah bisa didaur ulang maka akan jadi solusi
yang terbaik.

Contohnya saja sampah dari sachet minuman atau shampo yang dirangkai menjadi dompet atau tas. Cara kreatif lainnya adalah memanfaatkan botol plastik sebagai kerajinan seperti celengan, tempat makan burung, tempat pensil dan masih banyak lagi. Banyak cara mengurangi limbah
rumah tangga dengan kreativitas yang bisa Anda pelajari. Semua cara mengurangi limbah plastik rumah tangga ini harus dimulai dari sekarang untuk menunjang masa depan anak cucu yang lebih sehat bebas sampah.


Penulis Redaksi
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore