5 Pilihan Kota di Jawa untuk Wisata Kuliner

Romauli Jumat, 12 Maret 2021 00:00:58
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Selain wisata alam, Indonesia dikenal sebagai surganya wisata kuliner. Hampir semua daerah memiliki makanan khas dengan berbagai cita rasa menarik untuk dicicipi. Meski ada banyak makanan khas daerah yang bisa ditemukan di daerah lainnya, tentu akan lebih terasa jika mencicipi menu tersebut langsung di kota asalnya.

Nah, jika Anda termasuk yang suka dengan wisata kuliner, kota-kota di Pulau Jawa punya banyak pilihan menu khas Nusantara yang asyik untuk dicicipi nih. Berikut ada 5 kota di Pulau Jawa yang cocok jadi tujuan wisata kuliner Anda selanjutnya.

1. Bandung

Selain punya banyak sekali pilihan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, Bandung juga punya banyak pilihan kuliner khas yang siap memanjakan lidah Anda.

Jangan sampai tidak mencicipi menu khas Bandung dan Sunda, seperti mie kocok, batagor, bakso aci, seblak, cireng, nasi kalong, nasi timbel, karedok, lotek macan, surabi, colenak, tahu susu Lembang, peyeum dan masih banyak lainnya.

2. Semarang

Semarang tentu tidak bisa dipisahkan dari berbagai pilihan makanan unik nan lezat yang bisa Anda cicipi di kota ini. Sebut saja ada soto ayam Semarang yang punya kuah kecoklatan kaya rempah, tahu gimbal dengan sambal kacang, nasi pindang, tahu pong, nasi ayam Semarang dan tentu saja bandeng presto.

Banyak tempat makan legendaris yang menawarkan menu bercita rasa klasik yang tetap terjaga hingga kini. Sempatkan diri mampir ke Lumpia Gang Lombok, Tahu Pong Gadjahmada, Leker Paimo, Gudeg Mbak Tum, Tahu Gimbal Pak Edi dan masih banyak lainnya.

3. Solo

Kota yang kaya wisata budaya ini juga memiliki pilihan kuliner yang siap menggoyang lidah Anda. Contohnya saja ada nasi liwet, sate buntel, brambang asem yang gurih dan segar, tengkleng dan tak ketinggalan timlo. Sempatkan juga mencicipi kuliner legendaris di Solo yang masih eksis hingga kini. Contohnya ada Selat Solo Mbak Lies, Tahu Kupat sido Mampir, Serabi Notosuman khas Solo dan Timlo Sastro.

4. Yogyakarta

Menu yang bisa Anda coba sangatlah beragam. Mulai dari gudeg khas Jogja, sate klatak, bakpia Pathuk, oseng mercon, gatot Gunungkidul, nasi tiwul dan masih banyak lainnya. Yogyakarta juga punya banyak tempat makan legendaris yang dijamin punya rasa otentik yang selalu diburu warga lokal maupun wisatawan. Sebut saja ada Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan, Gudeg Pawon, Mangut Lele Mbah Marto dan Wedang Ronde Mbah Paiyem di Jalan Kauman, Yogyakarta.

5. Surabaya

Manjakan lidah Anda dengan menu kuliner khas Semarang seperti rujak cingur, sate klopo, lontong balap, sego sambel, rawon setan, pecel semanggi dan lontong kupang. Selain itu, pilihan kuliner legendaris di kota ini juga ada banyak lho! Contohnya saja Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih, Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Rujak Cingur Ahmad Jais dan es krim Zangrandi yang sudah berdiri sejak tahun 1930-an.

Itulah tadi 5 kota di Pulau Jawa yang bisa Anda jadikan tujuan wisata kuliner selanjutnya. Cita rasa unik, otentik serta penggunaan bumbu-bumbu yang khas tentunya menjadi daya tarik makanan dari setiap daerah yang berbeda.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, Anda bisa naik bus untuk menuju kota-kota tersebut lho! Contohnya ada Damri yang melayani banyak rute dengan armada yang sudah terbukti nyaman dan sudah melakukan protokol kesehatan. Tiket bus Damri bisa dipesan di Traveloka dengan mudah, jadi rencana kulineran Anda bisa terwujud tanpa ribet! 


Penulis Romauli
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.