Merindukan Dia yang Sudah Tiada, Bagaimana Agar Tidak Terlalu Menyesakkan Dada?

Wida Kriswanti | 2 April 2021 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sesuatu yang sangat normal bila merindukan seseorang yang begitu berarti dalam hidup Anda. Apakah itu orang tua, pasangan, atau anak, semua sama terasa berat. Terutama ketika harus kehilangan mereka selama-lamanya karena kematian, sehingga rindu itu semakin sulit terobati lewat sebuah pertemuan.

Masa berduka setelah ditinggalkan selama-lamanya oleh dia yang Anda cintai mungkin akan berlangsung lama. Namun percayalah, waktu akan selalu membantu mengurangi rasa sakitnya. Maka bersamaan dengan masa-masa berduka, fokuslah mencari kebahagiaan melalui sesuatu yang membahagikan mereka semasa hidup. Bagaimana praktiknya, seperti berikut ini yang dilansir dari Health Line.

1. Habiskan waktu di tempat yang mereka sukai, misalnya sebuah taman favorit. Sambil duduk atau berjalan-jalan, kenanglah momen manis yang pernah atau biasa dilakukannya di taman tersebut. Jika ini kemudian membuat Anda tersenyum, tersenyumlah.

2. Pesan atau makan di restoran favorit mereka. Dengan cara ini Anda membawa kenangan manis darinya, tentang hal yang benar-benar disukainya semasa hidup.

3. Tanam sebuah pohon atau bunga sebagai "tugu peringatan" yang indah. Selama Anda merawatnya, maka Anda akan merasakan kehangatan cinta yang pernah didapat dari dia yang telah pergi selama-lamanya meninggalkan Anda.

4. Tulislah surat, curahkan perasaan Anda, bagaimana Anda mengingatnya, bagaimana Anda akan merindukannya, dan lain-lain. Sampaikan apa yang terasa sulit disampaikan atau belum sempat disampaikan secara lisan kepada yang bersangkutan semasa masih hidup.

5. Lihat-lihat kembali koleksi foto atau video lama. Ini akan membuat Anda selalu merasa dekat dengannya, dan ini bisa memberikan ketenangan pada Anda.

Namun sebelum Anda berduka, alangkah baiknya jika Anda lebih bisa menghargai apa yang ada saat ini. Selalu bersyukur dan berbuat baiklah kepada mereka yang selalu ada di sisi Anda.

Karena berduka sambil membawa ingatan yang indah jauh lebih baik dibanding berduka sambil membawa penyesalan. Penyesalan karena tidak permah memperlakukan mereka yang mencintai Anda dengan baik.

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait