Rutin Mengonsumsi Probiotik, Bagaimana Memastikan Ada Efeknya atau Tidak untuk Kesehatan?

Wida Kriswanti Senin, 5 April 2021 23:59:23
Banyak orang memilih rutin mengomsumsi probiotik seperti terdapat dalam yoghurt dan kefir dengan alasan kesehatan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang memilih rutin mengomsumsi probiotik seperti terdapat dalam yoghurt dan kefir dengan alasan kesehatan. Akan tetapi, memastikan dampaknya benar ada atau tidak untuk kesehatan cukup sulit dilakukan. Mungkin kita merasa sehat setelah rutin mengonsumsi probiotik, tapi apa buktinya?

Ada caranya agar Anda yakin melanjutkan konsumsi probiotik secara rutin. Yaitu bila ditemukan tanda-tanda kesehatan berikut ini pada tubuh Anda, seperti dilansir dari Bustle.

1. Buang air besar lancar dan normal

Artinya, Anda rutin buang air besar setiap hari tanpa dibarengi keluhan seperti mulas, sembelit, mencret, atau feses yang keras.

2. Jarang kembung

Salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi dan dianggap seperti bagian dari kehidupan, yaitu perut kembung. Nah, kalau probiotik cocok di tubuh Anda, perut kembung akan jarang terjadi.

3. Mood stabil

Ya, kesehatan fisik secara tidak langsung berdampak pada kesehatan mental. Jika Anda mudah tidur, jarang stres, atau merasa kelelahan, maka lanjutkan mengonsumsi probiotik.

4. Daya tahan tubuh yang lebih baik

Probiotik benar memberi dampak pada kesehatan ketika Anda jadi tidak mudah jatuh sakit. Terutama batuk dan pilek.

5. Kulit yang lebih mulus

Sejak rutin mengonsumsi probiotik, Anda tidak mengalami gangguan kesehatan pada kulit yang berarti. Misalnya jerawat, eksim, atau ruam lainnya.

6. Tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan jamur

Termasuk di sini adalah tidak mengalami gatal-gatal akibat jamur di area kewanitaan Anda.

Berapa lama dampak positif ini terasa sejak mulai mengonsumsi probiotik? Jawabannya adalah berbeda-beda. Karena bagaimana tubuh merespons probiotik juga tidak sama. Namun ketika dalam waktu singkat dampak-dampak positif sudah dirasakan, maka tak ada alasan menghentikan konsumsi probiotik yang sudah rutin Anda lakukan.


Penulis Wida Kriswanti
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.