Atta Halilintar Pengin Punya 15 Anak dari Aurel, Begini Pandangan dari Sisi Medis

Wida Kriswanti | 8 April 2021 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika ditanya ingin memiliki berapa anak dari Aurel Hermansyah, Atta Halilintar mantap menyebut angka 15. Tidak menunggu lama, Komnas Perempuan mengeluarkan tanggapannya yang bersifat kontra. Intinya menegaskan bahwa wanita bukanlah pabrik anak.

Lantas bagaimana konsep banyak anak ditinjau dari pandangan medis? Menurut studi terbaru, memiliki anak berarti meningkatnya risiko terkena penyakit jantung, seperti dilansir dari The Conversation.

Para peneliti menemukan fakta, semakin banyak anak yang dimiliki seorang wanita, semakin tinggi risiko terkena penyakit jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, atau stroke, pada masa tuanya. Wanita yang memiliki 5 atau lebih anak berisiko 26 persen lebih tinggi terkena bermacam penyakit jantung dibanding mereka yang hanya memiliki satu atau dua anak.

Kaitannya dengan penyakit jantung, karena saat hamil jantung seorang ibu mengalami pembesaran hingga 12 persen pada akhir bulan kesembilan kehamilan. Pembesaran ini terjadi secara alami untuk menyesuaikan pertambahan jumlah darah yang harus diedarkan sekitar 50 persen saat masa kehamilan.

Selain karena faktor pembesaran jantung yang terjadi di setiap kehamilan, terlalu banyak anak juga membuat seorang ibu makin kehilangan 'me time' hingga terlupa mengurus dirinya sendiri. Kurang tidur dan istirahat juga tentu akan berdampak signifikan pada kesehatan tubuh ibu secara keseluruhan. Belum ditambah jika ibu juga bekerja atau melakukan aktivitas menyibukkan lainnya.

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait