Perhatikan Jumlah Energi yang Dibutuhkan Saat Puasa, Menu Sahur adalah Kunci

Yoga Prakoso | 20 April 2021 | 07:18 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ramadhan sudah hampir memasuki sepuluh hari kedia. Agar puasa lancar, kita perlu memenuhi jumlah energi dan nutrisi yang dibutuhkan pada siang hari. Makanan kaya protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan air putih penting.

Bukan berarti kita harus makan dalam porsi jumbo saat sahur mengingat tubuh tidak dapat memanfaatkan asupan energi sekaligus. Akibatnya, berat badan malah melonjak. Ini karena metabolisme menyesuaikan pola makan selama Ramadan. Orang dewasa perlu minum 3 hingga 4 liter air sehari. Meski 40 persen jumlah ini didapat dari makanan, jus buah, air mineral, teh, dan lain-lain, tetap saja minum 1,5 hingga 2,5 liter air per hari penting.

Artinya, harus minum dua atau tiga gelas air setiap jam dari buka hingga sahur. Catatan lain yang tak kalah penting, makan sebelum tidur atau menghindari sahur bisa memicu masalah gula darah rendah dan dehidrasi keesokan harinya. Akibatnya, bisa pusing sepanjang hari. Lantas, apa yang sebaiknya disantap saat sahur? Sarapan ringan, sehat, dan mengenyangkan. Produk olahan susu dan sayuran segar seperti keju, telur, tomat, serta mentimun disarankan. Sup atau sayuran yang dimasak dengan minyak zaitun dan buah-buahan juga baik.

Kombinasi ini memenuhi kebutuhan energi harian, vitamin dan protein tubuh. “Roti gandum utuh dan pasta atau bulgur gandum yang kaya karbohidrat sekaligus serat baik untuk sistem pencernaan. Buah kering, kenari dan almon efektif mempertahankan sensasi kenyang selama berjam-jam. Jangan lupa, porsi makan mesti bijak,” terang anggota Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife Nutrition, Ismet Tamer, M.D., dalam program “Berbuka Puasa virtual Bersama Herbalife Nutrition Indonesia,” pekan ini.

Senior Director and Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, menambahkan dehidrasi dan lapar karena puasa memicu tubuh memperlambat metabolisme untuk mengurangi penggunaan energi seefisien mungkin. “Namun, kita masih tetap bisa menikmati ibadah puasa secara utuh sekaligus sehat. Pastikan cukup minum air putih dan perhatikan asupan makanan selama sahur dan buka,” Andam mengingatkan.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor: Yoga Prakoso
Berita Terkait