Peran Penting Perempuan Inspiratif dalam Memajukan Indonesia

Yoga Prakoso Sabtu, 24 April 2021 21:23:42
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - April dikenal sebagai bulan Kartini, pahlawan yang jadi tonggak gerakan emansipasi wanita di Indonesia. Perjuangan dan pemikiran Kartini membuka kesempatan wanita Indonesia untuk berkarya dengan leluasa. Kini, wanita Indonesia berperan penting dalam menyokong kemajuan bangsa. Ini terungkap dalam webinar “Jejak Perempuan Inspiratif Indonesia,” pada Sabtu (24/4/2021) yang digagas BCA dan Nusantara Institute. EVP CSR BCA Inge Setiawati, mengingatkan wanita punya peran krusial dalam pemberdayaan masyarakat.

Keterlibatan perempuan berkontribusi besar terhadap kesejahteraan kaum hawa, keluarga, dan masyarakat, termasuk mengangkat posisi tawar mereka dalam aspek kesetaraan gender. Sektor budaya, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi juga dekat dengan kehidupan perempuan. “Dengan membekali wanita agar dapat mengambil peran penting di sektor itu, penghargaan terhadap martabat dan kontribusi wanita menguat. Ini berbanding lurus dengan upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” kata Inge.

BCA pun mendukung kiprah perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. BCA memberikan kesempatan luas bagi perempuan untuk mengembangkan karier. Sekitar 61,3 persen dari 24 ribu karyawan BCA, perempuan. Dari total karyawan itu, 64,1 persen mendapat kesempatan promosi. Bahkan 56,7 persen berkesempatan menjadi kepala cabang dari total 1.248 cabang di Indonesia. Komitmen BCA mendukung kiprah perempuan selaras dengan percepatan realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Tanah Air.

Dalam kesempatan itu, Direktur Nusantara Institute, Sumanto Al Qurtuby, menyatakan pihaknya terus mendorong perempuan Indonesia mengambil kesempatan luas yang tersedia di masyarakat. “Webinar ini upaya memberikan inspirasi dari perempuan kepada perempuan untuk bertumbuh dan berkembang bersama mewujudkan tata kelola masyarakat yang ramah dan adil terhadap pemberdayaan perempuan,” ujar Sumanto.


Penulis Yoga Prakoso
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.