Setiap Orang Punya Temperamen Berbeda, Begini Cara Menghadapinya

AURA | 1 Mei 2021 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - MANUSIA adalah individu yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki ciri khasnya. Dalam bergaul dan berteman, kita menemukan berbagai tipe orang dengan temperamen yang berbeda-beda.

Kita bisa betah dalam berteman dengan seserang tapi bisa juga kita tidak sabar atau mudah kesal ketika menghadapi tipe-tipe orang tertentu.

Agar hubungan pertemanan atau bahkan kekeluargaan terjaga dengan baik, berikut kiat-kiat dalam bergaul dan menghadapi orang-orang dengan temperamen berbeda.

1. Menghadapi orang sanguin 

Tipe sanguin adalah orang-orang yang terbuka dan senang bercerita. Orang sanguin juga mudah menyesuaikan diri, ramah, dan penuh humor. Tipe seperti ini tidak tahan melihat orang asing di depan mereka yang tidak tanggap. Orang sanguin memang suka bergaul dan spontan. Mereka jarang khawatir akan masa depan dan masa lalu, dan menikmati banyak kegembiraan hari demi hari. 

Berhubung mereka senang berbicara, Anda harus menyediakan telinga Anda jika ingin menjadi teman yang baik bagi mereka. Kadang jika kita mendengarkan, banyak cerita atau lelucon menarik yang mereka lontarkan. Walaupun begitu terkadang mereka bisa bercerita sampai berkali-kali hingga bisa membuat kita bosan, tapi usahakan untuk selalu menjadi pendengar yang baik bagi mereka. 

Orang dengan tipe sanguin biasanya juga pelupa. Ada baiknya Anda lebih pengertian dan tidak mudah sakit hati jika mereka lupa menepati janji atau melupakan hal penting seperti tanggal ulang tahun Anda. Kemungkinan besar, mereka tidak sengaja. Bila mereka kerap mengulangi kesalahan kecil yang sama, belajarlah memaafkan dan menerima mereka apa adanya, karena tidak mudah bagi mereka untuk berubah. Berikan mereka nasihat yang tepat dan jangan mengkritik atau menjatuhkan mereka di depan umum.  

2. Menghadapi orang koleris

Orang dengan tipe koleris juga cukup terbuka namun tidak seterbuka sanguin. Koleris adalah tipe orang yang aktif, bersemangat, pekerja keras, ambisius, serta dapat menjadi motivator bagi orang lain. Karena sifatnya yang berkemauan keras dan mandiri, orang tipe koleris cenderung keras kepala. Kompromi hal yang sulit bagi mereka kecuali kompromi itu bermanfaat atau menguntungkan mereka. 

Orang koleris cenderung tidak peka jadi jangan menuntut mereka berlebihan. Sifat mereka yang terkadang egois juga membuat mereka cenderung lebih memikirkan diri sendiri. Anda perlu bersabar menghadapi mereka. Mereka lebih suka bila Anda berbicara langsung tanpa bertele-tele. Mereka juga bisa dibilang bukanlah tipe pendengar yang baik, oleh karena itu bersabar pula bila mereka sering tidak betah mendengarkan curhat Anda. Pilihlah waktu yang tepat untuk bercerita dan perhatikan suasana hati mereka. 

3. Menghadapi orang melankolis

Tipe melankolis pada dasarnya bersifat tertutup. Walau begitu, mereka sering memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan lebih menghargai seni dibandingkan dengan karakter yang lainnya. Sayangnya, orang melankolis berpembawaan pesimistis. Jadi, kebanyakan hal sering kali mereka pandang dari sisi negatif. Mereka suka mendengarkan pendapat orang lain, jadi cobalah untuk memberi saran dan masukan kepada mereka. Namun ingat, cobalah mengerti sisi sensitif mereka

Mereka tipe yang menghargai janji dan waktu, jadi jangan lupakan janji Anda kepada mereka, apalagi bila Anda pelupa. Mintalah tolong kepada mereka agar mengingatkan Anda, karena mereka pasti senang bila dapat menolong Anda. Jaga kepercayaan mereka dengan baik dan jangan kecewakan mereka. Karena kebanyakan dari mereka adalah orang yang tidak percaya diri, sering-seringlah menyemangati mereka. Jangan menertawakan jika mereka gagal, melainkan berilah saran membangun.

4. Menghadapi orang plegmatis

Tipe plegmatis merupakan orang yang tertutup dan diam, tidak menuntut, kalem, dan sering kali lambat. Mereka jarang mengeluarkan ide atau perasaan jika mereka tidak yakin dan mereka tidak akan melukai atau menyakiti orang lain. Orang plegmatis merupakan orang yang sangat baik dengan sifat yang bahagia dan menyenangkan. Mereka pun tidak banyak menuntut. Walaupun begitu, kita tidak boleh sesuka hati ketika menghadapi orang seperti ini karena mereka pun tentu ingin dihargai.

Mereka cenderung tertutup, jadi jangan pernah memaksa mereka untuk bercerita kepada Anda. Jika mereka sudah merasa nyaman, mereka pasti akan bercerita. Jangan mudah emosional melihat gaya mereka yang santai dan cenderung lamban, karena itulah mereka apa adanya. Berhubung mereka tipe orang yang cinta damai, jangan buat mereka berada dalam suatu keributan, karena hal ini membuat mereka tidak nyaman. Jika ada hal yang tidak disukai, lebih baik dibicarakan baik-baik, tidak perlu marah-marah di depan mereka. Apalagi mereka tipe orang yang menghargai persahabatan.

 

 

Penulis : AURA
Editor: AURA
Berita Terkait