Rentan Darah Tinggi Setelah Lebaran, Waspadai dengan Melakukan Hal-hal Berikut

AURA Minggu, 2 Mei 2021 11:00:04
ilustrasi (depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Hari Raya Idul Fitri identik dengan aneka hidangan istimewa. Setelah satu bulan berpuasa, biasanya kita ingin menuntaskan kerinduan makan lebih banyak.

Makan berlebihan, apalagi yang manis-manis dan bersantan, akan menyebabkan lemak tertimbun di dalam tubuh.

"Rendang itu pasti ada di saat lebaran, santan-santan, opor, minyak-minyak, goreng-gorengan, kue-kue dan minuman manis pasti ada. Kue kering itu kalori dan gulanya tinggi. Kadang-kadang minuman bersoda atau minuman manis seperti sirup-sirup juga tinggi kalori dan gulanya. Jadi kalau kita berlebihan makannya akan disimpan dalam bentuk lemak, dan lalu meningkatkan kadar kolesterol," ujar dr. Franciscus Ari, Sp. PD, dokter ahli penyakit dalam.

dr. Franciscus Ari juga menambahkan, salah satu penyakit yang biasa muncul setelah hari raya Lebaran adalah hipertensi.

"Hipertensi biasanya juga banyak terjadi setelah hari raya. Seperti saat saya masih menjadi dokter umum, sesudah hari raya pasti banyak pasien yang datang dengan keluhan darah tingginya naik," tambah dr. Franciscus Ari.

"Hipertensi itu terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi garam saat Hari Raya," tandas dr. Franciscus Ari.


Penulis AURA
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.