3 Metode Pembayaran e-Commerce Terpopuler Selama Tiga Bulan Terakhir

Yoga | 3 Mei 2021 | 17:28 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di tengah pandemi Covid-19, terjadi perubahan gaya hidup. Imbauan untuk di rumah saja, membuat sebagian masyarakat belanja di toko daring. Ini setidaknya diperkuat survei Visa, yang menyebut kondisi new normal mendorong banyak konsumen Indonesia menggunakan platform e-Commerce sebagai sarana membayar kebutuhan mereka. Top-up dan pembayaran tagihan adalah kategori paling banyak digunakan. Ini terungkap dalam gelar wicara virtual bertajuk “Tren Belanja Konsumen di Era New Normal,” pekan ini.

Studi itu menyebut tiga produk dan layanan terpopuler yang dibeli di platform eCommerce dalam tiga bulan terakhir yakni top-up dan pembayaran tagihan (49 persen), belanja ritel (45 persen), dan pemesanan makanan (34 persen). Sementara pengiriman gratis (69 persen) dan voucer diskon (64 persen) adalah fitur penawaran e-Commerce yang paling dicari konsumen saat membeli. Studi yang sama juga mengungkap tiga metode pembayaran e-Commerce terpopuler selama tiga bulan terakhir, yakni dompet digital (65 persen), transfer bank (30 persen), dan transfer ke akun virtual (27 persen).

Data menarik lainnya, pembayaran dengan kartu kredit dan debit terus diminati di platform e-Commerce. Ini didorong penawaran diskon menarik. Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman, menjelaskan, pandemi mengakselerasi pergeseran menuju perdagangan yang mengutamakan digital. Ini diperkuat lonjakan first-time online shoppers dan belanja contactless. “Studi kami menunjukkan banyak konsumen merasakan manfaat e-Commerce dalam mengelola transaksi sehari-hari mereka, termasuk bayar listrik, air, telepon rumah, telepon seluler, internet, dan tagihan berlangganan lain,” kata Riko.

Ramadan 2021, Visa menawarkan beragam promosi menarik. Misalnya, diskon 35 ribu untuk belanja minimum 70 ribu rupiah saat pesan makanan via GoFood, bagi pengguna kartu Visa yang baru pertama kali mengaktivasi di aplikasi. Di Shopee, ada diskon 10 persen hingga 150 ribu rupiah per transaksi setiap Jumat dengan minimal belanja 1 juta rupiah.

Penulis : Yoga
Editor: Yoga
Berita Terkait