2 Kiat Mencegah Terkena Sakit Tenggorokan Setelah Menyantap Kue Lebaran

Redaksi | 16 Mei 2021 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Idul Fitri atau Lebaran identik dengan aneka cemilan lezat, seperti aneka kue manis dan kacang-kacangan.

Di balik lezatnya makanan ringan ini, tersimpan resiko mengalami sakit tenggorokan.

Konsumsi kue dan kacang-kacangan yang berlebihan, diikuti dengan minimnya konsumsi air putih, dapat memicu timbulnya rasa kering dan gatal di tenggorokan.

Lama-kelamaan, berujung pada iritasi dan sakit di tenggorokan. Tentunya, mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan ketika harus beraktivitas sehari-hari.

Dua tips sederhana berikut dapat membantu Anda mengatasi sakit tenggorokan agar tetap dapat kembali beraktivitas dengan maksimal.

1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih
Ketika mengalami sakit tenggorokan, penting sekali untuk memperbanyak konsumsi air putih, terutama air putih hangat. Selain membantu membuang racun serta bibit penyakit dalam tubuh, air putih membantu menjaga kondisi tenggorokan agar tidak kering.

2. Mengonsumsi Minuman Hangat
Pilihan minuman seperti teh hangat dapat menjadi alternatif mengatasi sakit tenggorokan. Kandungan di dalam teh diketahui dapat membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan. Ditambah dengan tingginya kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk khasiat lebih maksimal, penggunaan gula di teh dapat diganti dengan campuran lemon atau madu.

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait