Mengenal Kepribadian Berdasarkan Kondisi Meja Kerja

Redaksi | 25 Mei 2021 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mengenal karakter rekan kerja akan memudahkan Anda bekerja sama dengan mereka. Banyak cara untuk menyelami kepribadian mereka, salah satunya dengan mengamati meja kerja mereka.

Lily Bernheimer, konsultan psikologi lingkungan Inggris sekaligus penulis buku tentang psikologi lingkungan, The Shaping of Us, menjabarkan kepribadian pekerja kantoran berdasarkan 5 kondisi meja kerja mereka.

Acak, berwarna, terang

Berantakan, semrawut, dan penuh warna, mencirikan meja orang berkarakter ekstrover. “Para ekstrover adalah pemburu kesenangan dan mudah bosan jika tidak ada stimulasi. Mereka senang mengelilingi diri dengan lampu terang, benda-benda berwarna, dan pernakpernik yang warnanya berhubungan dengan kegiatan mereka yang banyak, hangat, dan tegas seperti warna merah,” urai Lily.

Orang ekstrover menyukai interaksi sosial dan tidak butuh banyak ruang pribadi, jadi Anda mungkin akan menemukan meja mereka di persimpangan atau di tempat yang sering dilalui orang. Mereka cenderung tegas, bersemangat, dan ramah.

“Apakah ada bangku tambahan atau mangkuk berisi permen? Ini cara mereka mengundang orang lain untuk datang dan singgah di meja kerja mereka,” beri tahu Lily. 

Tersembunyi di sudut ruangan Pekerja yang memilih lokasi meja kerja di tempat yang terasing, di sudut atau di bagian belakang ruangan dan dengan pemandangan langsung ke seluruh ruangan, adalah tipe pengamat. Tidak jarang, mereka meletakkan tanaman di meja kerja, sebagai sedikit penghalang agar orang lain tidak menyorot mereka terlalu frontal.

“Tipe pengamat merasa diri mereka sangat membutuhkan perlindungan dan tidak nyaman jika mereka tidak bersandar pada dinding. Kebutuhan akan wilayah pribadi menghubungkan orang tipe ini dengan sifat introver dan kecemasan. Berkebalikan dari para ekstrover, para introver akan terganggu dengan terlalu banyak stimulasi,” beber Lily.

Namun ia menambahkan, tipe pengamat cenderung senang membantu, kooperatif, dan simpatik. 

Minimalis

Di sisi lain, ada pula meja kerja yang minimalis, tidak dipenuhi barang kecuali benda-benda fungsional yang disusun sangat teratur. Meja kerja yang sangat rapi dan teratur menunjukkan pemilik yang sangat teliti, rapi, disiplin, dan berhati-hati. Anda akan mendapati, mereka senang merapikan dokumen, menjajar alat tulis, dan menandai tanggal-tanggal penting di kalender.

“Orang yang teliti cenderung pekerja keras, bisa diandalkan, fokus, dan berorientasi ke pencapaian. Mereka sangat suka membuat rencana dan mengikuti rutinitas,” urai Lily.

Acak, berwarna, terang Berantakan, semrawut, dan penuh warna, mencirikan meja orang berkarakter ekstrover.

“Para ekstrover adalah pemburu kesenangan dan mudah bosan jika tidak ada stimulasi. Mereka senang mengelilingi diri dengan lampu terang, benda-benda berwarna, dan pernakpernik yang warnanya berhubungan dengan kegiatan mereka yang banyak, hangat, dan tegas seperti warna merah,” urai Lily.

Orang ekstrover menyukai interaksi sosial dan tidak butuh banyak ruang pribadi, jadi Anda mungkin akan menemukan meja mereka di persimpangan atau di tempat yang sering dilalui orang. Mereka cenderung tegas, bersemangat, dan ramah.

“Apakah ada bangku tambahan atau mangkuk berisi permen? Ini cara mereka mengundang orang lain untuk datang dan singgah di meja kerja mereka,” beri tahu Lily.

Berpindah-pindah Ada pula tipe orang yang tidak begitu memedulikan batasan teritorial di tempat kerja. Mereka bisa duduk di mana saja, meletakkan benda di mana saja.

Ruangan atau meja kerja mereka seolah tak pernah cukup sehingga mereka bisa saja menaruh gelas sisa kopi di meja kerja orang lain. Lily menyebutkan karakter ini sebagai tipe expander.

“Perilaku sering merambah wilayah orang lain bisa jadi pertanda seseorang yang bersifat dominan dan agresif atau kurang sensitif terhadap orang di sekitarnya,” jelas Lily.

Unik dan personal

Sebagian orang senang mendekorasi meja kerja mereka dengan pernak-pernik unik, foto-foto pribadi, beberapa tanaman kecil, atau lukisan di dinding sehingga terlihat berbeda dan berkarakter.

“Meja kerja yang terlihat berbeda, bergaya, dan unik menggambarkan Anda orang yang berpikiran terbuka, kreatif, intelek, dan terbuka akan pengalaman baru,” Lily menjelaskan.

Lebih lanjut, pemilik meja kerja bertipe personal ini sangat peduli terhadap prospek ke depan, sehingga mereka senang memilih lokasi di dekat jendela untuk mendapatkan stimulasi dan ide kreatif dari pemandangan di luar.

“Tipe personal umumnya mencapai tingkat kepuasan kerja yang tinggi dan dalam kondisi psikologis baik serta sehat,” pungkas Lily.

 

***

Artikel ini pernah dimuat sebelumnya di Tabloid Bintang Indonesia versi cetak edisi 1.343 tahun xxvii minggu Keempat Maret 2017

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait