Jangan Buru-buru Minum Obat, Ini 9 Cara Alami Mengatasi Batuk

Redaksi | 9 Juni 2021 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Batuk adalah kondisi umum yang kerap dialami banyak orang. Batuk merupakan tindakan refleks untuk membersihkan iritasi dan lendir berbahaya dari saluran pernapasan.

Kebanyakan orang-orang pasti menggunakan sirup obat batuk untuk mengatasi kondisi ini. Cara ini dianggap cukup efektif. Namun, tidak banyak yang tahu obat batuk yang beredar rentan dengan zat pewarna aditif dan pengawet, yang justru bisa menjadi tidak baik untuk tubuh anda. 

Ada beberapa solusi mengatasi batuk secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat. 

1. Lemon, ginger dan teh madu
Mengonsumsi lemon, jahe, dan teh madu adalah salah satu obat rumah terbaik untuk batuk, dimana jahe adalah obat ampuh dan membantu mengurangi iritasi akibat sakit tenggorokan. Sementara madu memberi lapisan pelindung pada selaput lendir.

2. Mengonsumsi cuka dari sari buah apel dan madu
Anda perlu mengombinasikan cuka dari sari apel dan madu kombinasikan keduanya dan minum ini setiap hari. ACV akan mengatur kadar pH dan madu melindungi selaput lender anda.

3. Membuat ramuan sirup sendiri
Tuangkan sedikit air ke dalam panci dan tambahkan bubuk kunyit, kayumanis dan cabe rawit ke dalamnya dan biarkan hingga mendidih. Biarkan campuran itu masuk ke dalam air dan saringlah. Anda bisa menghangatkannya dan menambahkan madu ke dalamnya sebelumdikonsumsi. Ini adalah salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengatasi batuk.

4. Teh herbal
Teh herbal dan sejenisnya diketahui memiliki sifat antipasmodik dan antibakteri yang bisa membantu mengendurkan trakea dan otot bronkus.

5. Minum air hangat
Ini wajib, karena Minuman hangat akan membantu anda menurunkan sekresi lender yang ada pada tubuh anda.

6. Hindari minuman yang mengandung soda
Pastikan untuk menghindari jus jeruk dan minuman berkarbonasi karena asam dan soda diketahui bisa merangsang sekresi anda, sehingga menyebabkan iritasi lebih lanjut.

7. Mandi air hangat
Mandi air hangat tenyata efektif mengobati batuk, karena air hangat bisa melembabkan saluran pernafasan.

8. Obat tetes batuk mentol alami
Menggunakan tetes batuk mentol alami akan membantu menenangkan tenggorokan dan meningkatkan kelegaan. Ini adalah salah satu solusi alami terbaik untuk batuk.

9. Hindari makan dan minuman dingin
Anda perlu menghindari makanan dan minuman dingin selama ini, karena bisa mengeringkan jalur pernafasan yang bisa menyebabkan infeksi lebih lanjut.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait