Seberapa Penting Ucapan Terima Kasih Kepada Pasangan?

AURA | 16 Juni 2021 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rumah tangga yang berhasil tidak hanya tergantung pada bagaimana pasangan berbagi tugas-tugas, tetapi pada bagaimana mereka mengekspresikan rasa terima kasih.

Dalam World Values Survey yang dilakukan Pew Research Center beberapa tahun silam, berbagi tugas rumah tangga menempati urutan ketiga (setelah kesetiaan dan hubungan seksual yang bahagia) dalam daftar apa yang membuat pernikahan langgeng. Padahal, menurut estimasi sementara, kaum wanita kebagian lebih banyak (sekitar 2/3) tugas domestik.

Pembagian tugas sekenanya

Pasangan mana yang mencuci piring -- misalnya, tergantung pada tingkat kesemrawutan masing-masing. Kalau Ted terganggu saat piring-piring kotor memenuhi bak cuci piring, maka Jenny tergerak saat piring-piring kotor tergeletak di dapur. Berarti Jenny yang lebih dulu “bertindak” dan akan membersihkan piring-piring kotor.

Seiring waktu, tugas-tugas rumah tangga akan jadi tanggung jawab masing-masing. Ted akan merapikan kabel-kabel yang berantakan, sedangkan Jenny lebih sering mencuci piring dan mengepel lantai. Kebiasaan yang terjadi dengan sendirinya, sulit mengharapkan adanya ucapan terima kasih atau ekspresi sejenis lainnya.

Ucapan sederhana,"Terima kasih sayang"

Sewaktu Jess menanyai subjek penelitian, apakah mereka mengungkapkan rasa terima kasih, jawabannya kebanyakan senada. Mereka lega karena masing-masing punya tugas dan tanggung jawab, namun tidak mengungkapkannya kepada pasangan. Mereka berasumsi,"Dia sudah tahu kok".

Mereka yang pasangannya tidak lupa mengucapkan terima kasih, merasa lebih ikhlas melakukan tugas rumah tangga dan lebih puas dengan hubungan mereka.

"Salah satu hal yang bisa menghancurkan hubungan adalah saat Anda memendam amarah dan ketidakpuasan; meski sepele tapi seiring waktu, semuanya bakal meledak," kata Benjamin mengingatkan.

"Ekspresi terima kasih sekecil apa pun akan membuat banyak perbedaan". Berdasarkan riset, a simple thank you alias ucapan terima kasih menjadi trik yang menjadikan hubungan keduanya harmonis.

Penulis : AURA
Editor: AURA
Berita Terkait