Sering Tidak Kita Sadari, Benda-benda Ini Lebih Kotor Daripada Kloset (Bagian 3)

Redaksi | 21 Juni 2021 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kloset sering dianggap sebagai benda paling kotor di rumah. Padahal, ada banyak benda di sekitar kita yang lebih kotor dibandingkan kloset. Beberapa di antaranya sangat sering kita gunakan. 

5.    Sikat gigi

Ketika menyikat gigi, sisa makanan dan bakteri mulut berpindah ke sikat gigi. Makin lama sikat gigi dipakai, jumlah bakteri yang menumpuk makin banyak dan membahayakan rongga mulut. Studi yang dirilis Universitas Arizona, AS, menyebut sikat gigi yang kotor mengandung bakteri seperti escherichia coli dan stafilokokus yang mengganggu keseimbangan serta kesehatan rongga mulut. Jumlah bakteri di sela sikat gigi dapat mencapai 10 juta. Anda disarankan mengganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali. Jangan lupa, simpan sikat gigi dalam keadaan kering agar bakteri tak mudah berkembang biak.

6.    Handuk

Menurut Komunitas Biologi Amerika Serikat, handuk yang lama tidak diganti mengandung banyak bakteri yang biasanya terdapat di dudukan kloset yakni escherichia coli, enterococcus, dan stafilokokus. Ketiganya penyebab diare dan penyakit kulit. Setelah digunakan, keringkan handuk dengan dijemur. Gantilah handuk minimal seminggu sekali dan jangan meminjamkan atau menggunakan handuk milik orang lain karena bakteri dari tubuh manusia bisa menempel di handuk.

selesai

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait