8 Jurus Mengatasi Raja Jenuh di Kantor

Indra Kurniawan | 22 Juni 2021 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bekerja delapan jam sehari atau lebih, lima hari atau enam hari dalam seminggu membuat Anda menunggu-nunggu datangnya waktu libur. Dengan rutinitas yang sama, bukan tidak mungkin Anda dihinggapi rasa jenuh. Yuk atasi raja jenuh dengan jurus-jurus berikut.

1. Kunjungan Kecil

Duduk di meja menghadapi komputer dan pekerjaan setiap waktu pasti membuat Anda lama-lama bosan dan mengantuk. Cara mudah mengatasinya bisa dengan melakukan kunjungan kecil ke meja atau ruangan rekan kerja. Dengan mengobrol sejenak tentang isu di dalam maupun luar kantor bisa membuat otak Anda segar. Asal ingat waktu dan tidak meninggalkan tanggung jawab pekerjaan, ya.

2. Merenung di Toilet

Jika Anda tak berani mengambil risiko ketahuan tidur di ruangan, Anda bisa pergi ke toilet. Basuhlah wajah dengan air dingin. Kalau perlu tinggal beberapa saat di kloset untuk memejamkan mata sesaat. Dijamin, sekeluarnya dari toilet, Anda akan merasa lebih segar.

3. Mendengarkan Musik

Untuk membuat otak sedikit rileks, Anda bisa memutar playlist musik atau mendengar musik lewat ponsel atau komputer Anda. Lakukan sambil main gim, cek media sosial, chatting atau sambil bekerja. Musik tak hanya membuat Anda makin bersemangat. Musik juga bisa memunculkan ide-ide yang berguna untuk pekerjaan Anda.

4. Nonton TV

Teman di kantor sibuk, sementara Anda mager atau bahkan bosan bermain gim, berselancar di dunia maya, chatting, buka media sosial, dan nonton YouTube. Cobalah bangkit dari meja kerja dan berjalanlah ke ruang TV (jika ada). Duduk sejenak di depannya. Carilah acara TV yang menarik buat Anda, nikmati sejenak. Rasa jenuh Anda perlahan-lahan akan berlalu.

5. Telepon Teman

Jika tak ada fasilitas wifi di kantor, Anda bisa memanfaatkan pulsa kantor atau telepon kantor untuk menelepon. Cukup bicara tiga menit dengan teman atau pacar atau gebetan atau pasangan, mungkin Anda akan merasa lebih baik dan siap bekerja lagi.

6. Pulang Cepat

Anda juga bisa meminta izin untuk pulang lebih cepat. Asal pekerjaan yang sedang Anda kerjakan sudah rampung atau masih cukup jauh dari deadline-nya. Gunakan kesempatan itu untuk beristirahat di rumah atau bertemu dengan teman di suatu tempat atau jalan-jalan di mal.

7. Nongkrong di Kantin

Meski Anda sudah makan siang, tak ada salahnya Anda balik ke kantin menjelang sore. Anda bisa nongkrong sendirian atau bersama teman sambil menyeruput kopi atau minuman lain. Hindari obrolan soal pekerjaan.

8. Pergi ke Pantry

Di sana Anda dapat membuat secangkir kopi atau teh atau cokelat untuk membuat mata Anda melek. Jangan menyuruh office boy, jalanlah sendiri supaya Anda bergeser sejenak dari meja kerja. (Ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait