Bikram Yoga Selain Menyehatkan, Tubuh Jadi Langsing dan Kulit Pun Cerah

Vallesca Souisa | 1 Juli 2021 | 03:00 WIB

Seiring perkembangan gaya hidup saat ini, cantik tak lepas dari kondisi tubuh yang sehat.
Saat sistem tubuh bekerja tidak semestinya, tidak mungkin kita memiliki kulit yang sehat, pancaran mata yang cerah, dan tubuh proporsional.

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk itu beragam jenis olahraga atau latihan kekuatan fisik dan fleksibilitas seperti yoga sangat diminati. Dalam satu jenis latihan ini, pasalnya banyak manfaat yang didapat; tubuh sehat, penampilan memukau, mental dan spiritual pun stabil. Jika Anda sudah mencoba yoga, saatnya kini mencoba bikram yoga.

Apa, sih bedanya dengan yoga? Seri yang satu ini dilakukan di ruang panas bersuhu 42 derajat Celsius. Laurent Hardie, instruktur yoga juga Direktur Bikram Yoga School, menyatakan dalam 2 minggu Anda bisa menurunkan bobot tubuh dan memiliki postur indah. Selebihnya memberikan relaksasi, melepas stres, melancarkan sirkulasi darah, dan masih banyak lagi.

Apa itu bikram yoga?
Bikram yoga termasuk dalam hot yoga. Bedanya dengan yoga umumnya, latihan yang dilakukan selama 90 menit ini dilakukan dalam ruangan panas. Suhu panas ini mempercepat perubahan dalam tubuh, memperbaiki sirkulasi darah, dan menghilangkan racun. Sementara gerakan-gerakannya sendiri terdiri dari rentetan 26 postur dan 2 latihan pernapasan.

Mampu memperbaiki postur tubuh, menghilangkan rasa sakit pada tulang belakang, maupun memperbaiki anggota tubuh yang cedera.

"Bikram yoga membenahi tubuh Anda dari bagian yang paling dalam hingga luar," ungkap Laurent.

Beberapa peserta sengaja mengikuti kelas untuk menyembuhkan penyakit. Banyak pula yang bergabung untuk menurunkan berat badan dan memperindah postur tubuh. Dari usia 6 tahun hingga 75 tahun dapat mengikuti latihan ini. Hanya untuk anak kecil, latihan tidak dilakukan penuh.

Apakah gerakan atau postur yang dilakukan sulit?
Kebanyakan orang enggan mengikuti latihan yoga karena takut gerakannya sulit. Bikram yoga hanya terdiri dari 26 postur, yang dilakukan berulang kali. Postur-postur ini, dijamin Laurent, postur-postur sangat mendasar dan simpel untuk diikuti.

Yang perlu diantisipasi adalah suhu panas dalam ruangan. Umumnya orang membutuhkan adaptasi. Dua kali latihan baru akan terbiasa dengan suhu panas ini. Jika tidak tahan sebisa mungkin jangan menyerah dan memilih keluar ruangan. Lebih baik merebahkan diri atau duduk dan mengatur pernapasan.

Apa saja manfaatnya?
Mengurangi stres, mendorong penurunan berat badan, mendorong relaksasi, meningkatkan peredaran darah, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh, membuat kulit lebih bercahaya dan lembap, sekaligus memberikan energi untuk menikmati hidup. Naysilla Mirdad salah satu seleb yang berhasil menurunkan berat badannya setelah melakukan bikram yoga.

Berapa kali latihan harus dilakukan?
Setiap hari melakukan bikram yoga pun tak masalah. Untuk itu Laurent memiliki program tantangan 30 hari bikram yoga di studionya. Peserta ditantang latihan yoga setiap hari selama 30 hari. Secara umum, manfaat dapat dirasakan jika Anda berlatih rutin, tiga hingga lima kali setiap minggunya.

Haruskah Diet atau Menjaga Pola Makan?
Tidak ada diet. Dengan sendirinya, setelah rutin berlatih bikram yoga, Anda akan menyeleksi apa yang akan Anda konsumsi dan tidak. Laurent menyarankan, makanlah seperti biasa Anda makan, tidak perlu mati-matian mengubah pola makan apalagi diet. Mengonsumsi nasi pun tidak masalah. Seiring berjalannya waktu, secara otomatis, tubuh hanya akan menerima makanan dalam porsi secukupnya. Akan tetapi Anda sangat disarankan mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya.  

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait