Konsep Pernikahan Serba Digital Jadi Pilihan di Masa Pandemi

Romauli Selasa, 6 Juli 2021 15:17:52
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Dampak pandemi Covid-19 tidak hanya terjadi pada pembatalan dan pengunduran pernikahan. Namun terjadi juga peningkatan yang signifikan pada angka pernikahan selama pandemi ini. Berdasarkan data yang disampaikan oleh Kemenag, lebih dari 30.000 pasangan telah mendaftarkan diri dan pasangannya.

Tidak sedikit yang harus dikorbankan untuk menyelenggarakan pernikahan di masa pandemi, selain pengantin tidak boleh bersalaman dengan para tamu, jumlah tamu yang hadir pun harus dipangkas sedemikian rupa. Hal tersebut harus dipatuhi untuk mengurangi penyebaran virus.

Berangkat dari berkembangnya teknologi, pandemi seharusnya tidak mengurungkan niat masyarakat Indonesia untuk tetap menikah dengan mengikuti protokol kesehatan. Selain aman, pernikahan secara sederhana dengan menghadirkan konsep pernikahan intimate serta bisa memangkas biaya pernikahan yang cukup besar. 

Melangsungkan akad atau pemberkatan saja tidak menghilangkan esensi atau kesakralan pernikahan, karena justru momen itulah yang paling penting dalam pernikahan. 

Bagi mereka yang telah terpaksa menunda pernikahan mereka, tidak perlu berkecil hati karena penundaan pernikahan pun dapat memberikan waktu tambahan bagi para calon pengantin untuk mempersiapkan pernikahan secara matang. 

Bahkan mereka yang menunda pernikahannya kini dapat mengaplikasikan berbagai inovasi baru yang memudahkan acara pernikahan mereka. 

Banyak inovasi yang lahir semenjak masa pandemi ini berjalan, di antaranya para pengantin mengubah beberapa aspek pernikahan menjadi digital. Mari berkenalan dengan Wedew, salah satu inovasi pernikahan di tengah pandemi ini. Website dan undangan digital bisa menjadi alternatif pernikahan yang lebih hemat, praktis, dan kekinian dengan e-Invitation yang disebar secara otomatis. Namun, tetap dapat dipersonalisasi untuk memberikan kesan terbaik kepada tamu undangan.

"Wedew siap hadir untuk membantu para pengantin menyampaikan berita bahagianya secara digital. Wedew dilengkapi pula dengan dukungan fitur-fitur yang dapat turut membantu pengantin dan para tamu untuk tetap menghindari kegiatan yang bisa meningkatkan penularan Covid-19," ujar Trias, CO-Founder Wedew, belum lama ini.

Dengan sistem self-service bisa memberikan ruang untuk para calon pengantin mengeksplor dan mengedit e-Invitation-nya sendiri. Tidak perlu ahli dalam editing, dashboard yang user-friendly tetap bisa menghasilkan undangan-undangan digital yang unik dan menarik. Perlu revisi desain? Cukup log-in dan implementasikan ide baru calon pengantin, tidak perlu tunggu revisi dan birokrasi yang dapat memakan tenaga.

Beberapa fitur yang bisa calon pengantin andalkan di masa pandemi ini di antaranya adalah buku tamu digital, angpao cashless, gift registry, dan virtual wedding. Menulis buku tamu sudah bisa digantikan dengan scan QR Code, memberikan angpao sudah bisa dilakukan secara digital baik melalui website maupun scan QRIS dengan metode pembayaran beragam seperti e-Wallet maupun virtual account dari berbagai bank. 

Tradisi membawa kado pernikahan ke venue pernikahan pun sudah bisa tamu tinggalkan, karena fitur Gift Registry bisa membantu para tamu untuk hadiri pernikahan dengan simple. Mengubah konsep pernikahan menjadi digital juga bisa dilakukan dengan virtual wedding, yaitu paket prioritas yang memudahkan para tamu dan pengantin di hari H, dimulai dari meeting room hingga MC virtual sudah ditangani secara profesional.

Pernikahan selain berkesan juga harus tetap menjadi tempat yang aman untuk para tamu undangan. Social distancing sangat dianjurkan dalam kondisi pandemi ini. Waktunya ikuti aturan protokol kesehatan dari pemerintah dengan cara yang modern. 


Penulis Romauli
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore