Ternyata Mengonsumsi Madu Tak Boleh Sembarangan, Ada Aturan Minumnya

Redaksi | 12 Juli 2021 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kandungan nutrisi dalam madu memang terkenal dan tentu sudah tidak diragukan lagi. Khasiatnya untuk kesehatan membuat madu jadi salah satu makanan super.

Meskipun demikian bukan berarti kita bisa sembarangan mengkonsumsi madu. Ternyata ada aturan yang harus kita perhatikan supaya mendapat manfaatnya.

Perhatikan Takaran Konsumsi Madu sebagai Pengganti Gula

Sama seperti gula, madu adalah salah satu pemanis alami sehingga memiliki potensi menaikkan kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, konsumsi madu sebagai pengganti gula sebaiknya tidak berlebihan. Terutama bagi pederita diabetes. Madu juga memiliki jumlah kalori lebih banyak daripada gula pasir.

Dalam satu sendok teh madu mengandung 21 kalori sedangkan gula hanya 17 kalori. Jadi untuk mengganti konsumsi harian gula dengan madu kita harus mengurangi sepertiganya. Jika sehari konsumsi gula per hari yang disarankan sekitar 6 sendok teh, maka untuk konsumsi madu cukup 2 sendok teh saja.

Waktu Terbaik Minum Madu

Meskipun madu dapat dikonsumsi tiga kali sehari pada pagi, siang, dan malam hari, waktu terbaik untuk mengkonsumsi madu adalah pada pagi hari. Madu akan membantu menyediakan cukup energi untuk menunjang aktivitas tubuh dan otak, juga meningkatkan produksi hormon serotonin atau hormon penyebab perasaan bahagia untuk menjaga mood kita seharian.

Cara Minum Madu

Minum madu bisa kita lakukan secara langsung, ataupun dicarikan terlebih dahulu dengan air. Jika kita akan mengonsumsi madu dengan air, sebaiknya campur madu dengan air bersuhu normal. Hindari mencampur madu dengan air panas atau dingin karena akan merusak beberapa enzim penting dalam madu sehingga mengurangi manfaatnya.

Mencampur madu dengan air akan membantu penyerapan energi dalam tubuh lebih cepat jika dibandingkan mengonsumsi madu secara langsung. Saat menikmati madu, juga disarankan untuk tidak menggunakan sendok logam karena bahan tersebut dapat bereaksi dengan unsur-unsur dalam madu sehingga dapat menurunkan kualitas madu yang kita konsumsi.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait