5 Solusi Penuhi Kebutuhan Harian di Tengah PPKM

Redaksi | 16 Juli 2021 | 03:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi yang melanda dunia sejak tahun lalu telah memengaruhi kehidupan masyarakat di banyak aspek. Perubahan tersebut terlihat juga pada pola konsumsi masyarakat. Sejak pandemi, banyak orang yang lebih memilih mengalokasikan dananya untuk memenuhi kebutuhan pokok harian dan memasak di rumah. Tak heran jika kebutuhan masyarakat akan bahan pangan segar menjadi lebih tinggi selama pandemi.

Aturan pembatasan gerak dari pemerintah juga menyebabkan masyarakat semakin terbiasa dengan transaksi online. Termasuk belanja sayuran dan bahan pangan secara online. Aktivitas belanja online lebih nyaman dilakukan untuk mengurangi resiko terinfeksi sebaran virus Covid-19. Terlebih lagi, varian virus Delta yang berkembang saat ini dikonfirmasi 95% lebih menular dibanding varian sebelumnya. 

Agar aktivitas belanja kebutuhan pangan dapat lebih aman, mudah dan menguntungkan, berikut adalah 5 solusinya:

1. Beralih ke Belanja Online
Jangan ragu untuk mulai belanja kebutuhan pangan secara online. Selain hemat waktu, cara belanja online juga lebih aman sebab masyarakat akan terhindar dari pusat keramaian. Belanja online juga relatif mudah dan praktis dilakukan dari manapun.
Keunggulan lain dari belanja online adalah masyarakat semakin mudah membuat daftar belanja & mencatat pengeluaran. Semua nota dan detil barang belanjaan biasanya dapat diakses kembali oleh konsumen. Sehingga membuat aktivitas pencatatan keuangan keluarga semakin praktis. Selain itu, dengan memilih belanja secara online, masyarakat bisa meminimalisir penggunaan uang kertas yang berpotensi menjadi sarana perpindahan virus dan bakteri, termasuk virus Covid-19. 

Meski saat belanja online konsumen tidak dapat memegang dan memilih produk, namun jangan khawatir, karena Kecipir.com menghadirkan jaminan “Garansi Produk”. Garansi produk merupakan jaminan pilihan produk segar & berkualitas serta jaminan refund dengan proses yang tidak berbelit-belit saat konsumen menerima produk yang kurang sesuai. 

2. Pilih dan Bandingkan Harga di Beberapa Toko Online
Belanja online sebenarnya memberi keleluasaan masyarakat untuk membandingkan dan memilih harga produk terbaik. Konsumen bebas mengunjungi dan mengecek harga yang ditawarkan oleh setiap toko online. Karenanya selalu cek pilihan harga dari beberapa toko sebelum memutuskan untuk bertransaksi. Untuk kategori produk bahan segar organik, Kecipir.com mengaku menawarkan harga lebih murah hingga 40% jika dibandingkan dengan swalayan & toko online lainnya.

3. Pilih Platform Terbaik untuk Belanja Online
Setelah membandingkan harga, jangan lupa pertimbangkan kualitas produk, kemudahan dan keamanan saat  bertransaksi, serta waktu pengiriman barang yang dipesan. Di Jabodetabek, Kecipir adalah salah satu penyedia layanan belanja online segala kebutuhan harian yang dapat diandalkan.

CEO Kecipir.com, Tantyo Bangun mengatakan, "Kecipir hadir sebagai social enterprise yang menghubungkan petani organik dan produsen lokal dengan masyarakat. Layanan kami dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi dan website. Di Kecipir, konsumen dapat mengetahui info petani/produsen makanan yang mereka konsumsi. Kecipir juga mengajak konsumen untuk mendukung pola konsumsi yang ramah lingkungan melalui pertanian organik & sistem belanja zero waste dengan menggunakan kemasan & kantong belanja pakai ulang".

4. Cegah Sebaran Virus, Gunakan Pembayaran Digital
Belanja online juga membuat masyarakat semakin familiar dengan berbagai layanan pembayaran digital. Biasanya setiap toko online menyediakan pilihan pembayaran digital dan tunai. Dalam kondisi pandemi, sebaiknya masyarakat lebih mengutamakan sistem pembayaran digital, seperti menggunakan ShopeePay. Melakukan pembayaran dengan ShopeePay tidak hanya memberikan pengalaman belanja yang lebih aman, tapi juga lebih menguntungkan karena selalu memberikan berbagai pilihan promo.

5. Selalu Update Promo yang Berlaku
Sebelum menyelesaikan proses transaksi, konsumen sebaiknya mengulik terlebih dahulu promo apa saja yang sedang berlaku di toko online tersebut. Di Kecipir misalnya, konsumen bisa mendapatkan promo cashback  mulai dari 30% hingga 100% dalam setiap transaksi jika menggunakan pembayaran digital ShopeePay. Selain itu, Kecipir juga memberikan Diskon Panen 10% setiap hari untuk semua produk segar seperti sayur, buah, umbi-umbian, bumbu, rempah, dan hasil kebun lainnya. Kecipir juga menyediakan layanan gratis ongkir untuk pengiriman ke wilayah Jabodetabek, Cikarang, dan Cibitung.

Kecanggihan teknologi telah memberikan pilihan praktis yang aman untuk masyarakat di era pandemi. Kelima solusi cerdas diatas diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan di tengah gelombang kedua pandemi yang saat ini sedang berlangsung. Stay safe dan mari berupaya untuk tetap di rumah saja jika tidak ada keperluan yang mendesak untuk keluar.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait