Awas, Kolesterol Melonjak Setelah Idul Adha, Atasi dengan Cara-cara Ini!

Redaksi Rabu, 21 Juli 2021 03:00:18
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Saat Hari Raya Idul Adhai daging kurban berlimpah, baik sapi maupun kambing. Kaya atau miskin, di sekitar hari raya kurban ini semua mencicipi daging.

Hati-hati, bisa-bisa kadar kolesterol Anda naik jika konsumsi daging berlebih.

"Kolesterol itu komponen lemak yang dibentuk di hati dan tersebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Kolesterol yang tinggi akan menyebabkan penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan masih banyak yang lain," ujar dr. Franciscus Ari, seorang dokter ahli penyakit dalam, beberapa waktu lalu.

Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan selama hari Raya Idul Adha untuk mengurangi risiko naiknya kadar kolesterol.

1. Hindari Lemak

Jangan karena enak, lalu jor-joran makan bagian daging yang berlemak. Sebaiknya dihindari.

2. Hindari bagian kulit

Banyak yang senang makan kulit, tapi kadar kolesterolnya tinggi.

3. Kurangi makan kuah yang mengandung santan

Memakan dagingnya saja mungkin tidak menyebabkan naiknya kolesterol. Tetapi ketika memakan kuahnya, bisa meningkatkan kadar kolesterol.

4. Kurangi minuman manis atau bersoda

Sebaiknya tidak terlal banyak meminum minuman manis atau minuman bersoda setelah menyantap olah daging. Minuman jenis itu mengandung gula serta kalori yang tinggi.

5. Tambah porsi sayuran

Usahakan untuk mengkonsumsi banyak sayuran. Sayuran kaya akan serat yang cepat memberikan efek kenyang. "Memang hal itu sulit dilakukan, tetapi jika ingin terhindar dari resiko kolesterol sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak tinggi," kata dr. Franciscus Ari. 

 


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.