Beragam Kegiatan Menyenangkan Agar Anak-anak Tidak Bosan di Rumah Selama Pandemi

Redaksi Minggu, 25 Juli 2021 01:00:05
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Libur akhir pekan selama masa pandemi Covid-19 nyaris tak ada artinya, terutama bagi anak-anak karena tidak bisa bebas main di luar rumah. Karena itu waktu berkualitas bersama keluarga dan anak-anak jangan sampai hilang.

Ada beberapa ide alternatif agar liburan akhir pekan Anda tetap menggembirakan, seperti diuraikan Suze English dari laman Kid Spot berikut ini:

- Buat kotak khusus 

Dalam sebuah kotak berukuran besar (bisa kotak bekas televisi atau sejenisnya), masukkan benda-benda yang paling bisa membuat anak-anak merasa senang. Seperti peralatan prakarya, seperangkat cat warna dan buku menggambar, kartu, atau apa pun itu. Kalau menemukan benda baru, masukkan juga ke dalam kotak dan rapikan agar siap digunakan kapan saja

- Mengerjakan jigsaw puzzle (potongan gambar)

Anda bisa mengoleksi beberapa jigsaw. Semakin sulit dan rumit tantangannya, semakin seru untuk dikerjakan bersama-sama anak. Atau buatlah perlombaan tercepat menyelesaikannya.

- Bermain rumah-rumahan

Tarik dua atau empat buah kursi makan, susun berseberangan dengan jarak tidak lebih dari satu atau satu setengah meter. Sampirkan sehelai seprai atau kain panjang sehingga membentuk seperti tenda. Bermain-mainlah di kolongnya. Anda bisa meletakkan kasur tipis dan bantal-bantal agar terasa nyaman.

- Menggelar bioskop di rumah

Siapkan beberapa DVD film anak atau film keluarga--sebaiknya yang sudah pernah Anda tonton atau direkomendasikan teman agar isinya terjamin bagus dan aman. Atur posisi ruang televisi hingga seolah-olah ruang bioskop. Ibu bisa menyiapkan camilan atau minuman cokelat hangat untuk dinikmati bersama.

- Memasak bersama untuk santap sore

Kegiatan ini mungkin akan sedikit membuat berantakan, tapi sangat cocok bagi Anda yang gemar beraktivitas di dapur. Mengapa tidak melibatkan anak-anak untuk memasak?

- Permainan berburu

Bagi Anda yang memiliki rumah berukuran cukup luas dan anak lebih dari satu orang, permainan berburu bisa menjadi pilihan. Tanpa sepengetahuan anak, sembunyikan mainan baru atau makanan enak di beberapa tempat. Perintahkan mereka untuk mencarinya dalam batas waktu tertentu.

- Menggelar fashion show

Saat harus selalu berada di rumah mungkin menginspirasi Anda untuk membereskan isi lemari. Agar tidak terasa melelahkan, ajak anak-anak untuk melakukan fashion show. Biarkan mereka memilih baju-baju yang masih mereka sukai dengan cara mengenakan dan memeragakannya di atas catwalk buatan yang telah disiapkan sebelumnya oleh Anda. Tambahkan lampu-lampu agar lebih meriah. Baju sisa yang tidak lagi dipilih anak bisa dipindahkan ke kotak penyimpanan atau disumbangkan.

- Membaca buku cerita seru

Ciptakan keintiman antara Anda sebagai orang tua dan anak-anak dengan membacakan cerita. Jika tidak pandai mendongeng, conteklah dari buku cerita yang seru. Naik ke atas ranjang bersama-sama, dengan selimut yang ditarik hingga ke dada, sungguh nyaman.

- Merapikan koleksi mainan

Kegiatan beres-beres rumah juga bisa diterapkan untuk membereskan mainan anak. Siapkan beberapa kotak atau wadah mainan. Ajak anak untuk memasukkan ke tiap kotak berdasarkan kategori tertentu. Misalkan, mainan yang masih sering dipakai, mainan yang sudah tidak dipakai, mainan yang pantas untuk dikoleksi, atau mainan yang sudah rusak. Jika anak-anak bingung, bantu mereka membuat keputusan dengan berdiskusi.

 

 


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore