Membagi Tugas Rumah untuk Anak Kecil Sesuai dengan Usianya

Redaksi Senin, 26 Juli 2021 10:00:18
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Bukan maksud menyuruh anak untuk meringankan beban orang tua. Tugas-tugas bagi anak berikut ini dimaksudkan untuk membangun karakter mandiri, yang di kemudian hari akan dirasakan manfaatnya oleh anak.

Apalagi di masa pandemi yang memungkinkan Anda selalu berada di rumah dan berbagi tugas dengan anak-anak, terutama dalam hal menjaga kebersihan dan kerapihan rumah, atau bahkan tugas dapur.

1,5 - 2 Tahun
Menaruh pakaian kotor di keranjang, memasangkan kaus kaki, mengajarkan konsep "sama" dan "beda", mengambil barang yang tak mudah pecah dari meja, meletakkan barang serupa di meja, mengambil buku dan majalah, membuang sampah kecil, membereskan mainan, mungkin mereka enggan, bukannya tidak bisa.

3 - 4 Tahun
Membersihkan jendela dengan kain lap dan botol penyemprot berisikan air, membantu menyiapkan meja, menaruh piring di bak cuci, membersihkan debu dengan sapu atau sikat kecil, melipat hasil cucian kecil misalnya serbet atau handuk olahraga, mengambil koran dari luar, menaruh buku dan majalah di tempatnya, menyiram tanaman, meluruskan seprai, menjinjing tas belanja kecil, membantu memasak dan membuat kue, dengan mengukur, menuangkan bahan kering, mengaduk, dan mencampur.

5 - 7 Tahun
Menyiapkan pakaian dan tas sekolah, berpakaian sendiri, menjemur cucian, melipat hasil cucian, menyapu lantai, membersihkan meja setelah makan, mengganti seprai, membereskan tempat tidur, menaruh barang di mobil, memungut sampah di mobil, membuang sampah ke luar, membuat masakan sederhana, melakukan tugas sederhana lainnya di dapur seperti mencuci sayur dan buah.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore