Bisakah Virus Covid-19 Menular Lewat Hubungan Seksual?

Redaksi | 28 Juli 2021 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bisakah kita tertulas Covid-19 lewat hubungan seks? Semua kontak dekat (dalam jarak sekitar 2 meter) dengan orang yang terinfeksi dapat membuat Anda terpapar virus Corona, baik Anda melakukan aktivitas seksual atau tidak, seperti dikutip dari laman mayoclinic.org.

Orang yang memiliki Covid-19 juga dapat menyebarkan tetesan pernapasan ke kulit dan barang-barang pribadi mereka. Pasangan seksual dapat tertular virus dengan menyentuh permukaan ini dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau matanya. Virus Covid-19 dapat menyebar melalui kontak dengan kotoran. Ada kemungkinan Anda tertular virus Covid-19 dari aktivitas seksual yang membuat Anda terpapar kotoran.

Sampai saat ini memang tidak ada bukti bahwa virus Covid-19 ditularkan melalui sperma atau cairan vagina, tapi virus telah terdeteksi dalam sperma orang yang telah atau sedang pulih dari virus. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah virus Covid-19 dapat ditularkan secara seksual.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan setelah sepenuhnya divaksinasi, Anda dapat melanjutkan aktivitas normal. Anda juga dapat berhenti mengenakan masker atau menjaga jarak sosial dalam pengaturan apa pun, kecuali jika diwajibkan oleh aturan atau hukum. 

Jika Anda belum divaksin Covid-19, penting untuk terus menghindari kontak dekat (dalam jarak sekitar  2 meter) dengan orang lain. Ini termasuk menghindari kontak seksual dengan siapa pun yang tidak tinggal bersama Anda. Jika Anda atau pasangan sedang tidak enak badan atau berpikir Anda mungkin mengidap Covid-19, jangan berciuman atau berhubungan seks sampai Anda berdua merasa lebih baik. Bila Anda atau pasangan berisiko lebih tinggi terkena masalah kesehatan serius kalau terpapar  Covid-19, Anda mungkin perlu menghindari seks sementara waktu.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait