Buat yang Masih Bandel: Prokes Agar Tak Tertular Covid-19 Lewat Hubungan Seks Berisiko

Redaksi Rabu, 28 Juli 2021 18:00:45
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Covid-19 bukanlah infeksi menular seksual (IMS), namun dapat ditularkan melalui kontak erat saat berhubungan seks atau berhubungan intim dengan seseorang. Berdekatan erat dengan seseorang yang terinfeksi virus ini bisa membuat Anda tertular, tanpa harus melakukan hubungan seks. Apalagi kalau Anda berhubungan seks dengan orang yang positif Covid-19, potensi penularan bisa terjadi.

Tapi jika Anda memutuskan untuk berhubungan seks dengan seseorang yang tidak tinggal bersama Anda atau bukan pasangan tetap, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko tertular atau menularkan Covid-19. Disarikan dari avert.org, ini langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan.

1. Hindari berciuman atau bertukar air liur dengan siapa pun yang tidak tinggal bersama Anda (bukan pasangan tetap).

2. Hindari aktivitas seksual yang meliputi menjilati sekitar anus.

3. Gunakan kondom atau dental dam setiap kali berhubungan seks, termasuk oral seks. Dental dam atau dapat digunakan sebagai teknik seks aman untuk mengurangi risiko infeksi menular seksual selama cunnilingus dan aktivitas seksual.

4. Pertimbangkan untuk mengenakan masker wajah saat berhubungan seks untuk menurunkan kemungkinan menularkan (atau tertular) Covid-19 ke pasangan Anda.

5. Mandi dan cuci tangan dan tubuh secara menyeluruh dengan sabun dan air sebelum dan sesudah berhubungan seks.

6. Jika Anda menggunakan alat bantu seks (sex toys), cucilah sampai bersih dengan sabun dan air dan jangan dibagikan.

7. Pertimbangkan teknik gairah seksual yang tidak melibatkan kontak fisik – seperti berbicara mesum atau masturbasi bersama sambil menjaga jarak secara fisik.

8. Kurangi jumlah pasangan seksual yang Anda miliki secara keseluruhan, dan/atau pada saat yang sama.

9. Hindari berhubungan seks atau berhubungan intim dengan pasangan Anda jika mereka merasa tidak enak badan, atau mengira mereka mungkin menderita Covid-19.

 


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore