Masih Belum Vaksin Covid-19 Karena Takut Jarum Suntik? Ini yang Bisa Anda Lakukan

Wida Kriswanti Sabtu, 31 Juli 2021 12:00:23
Ilustrasi vaksin. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Anda sama sekali tidak bermaksud menolak anjuran vaksin Covid-19. Anda tidak memiliki gangguan kesehatan yang serius. Pun tidak termasuk kelompok penyuka konspirasi yang memang tidak mau saja divaksin. Anda hanya fobia jarum suntik! Inilah alasan terbesar mengapa Anda tak kunjung mendaftarkan diri sebagai peserta penerima vaksin.

Mengingat penyebaran virus semakin masif dan anjuran vaksin pun semakin gencar, menghindar terus-terusan nampaknya bukan pilihan bijak. Bagaimanapun kesehatan Anda dan keluarga adalah yang paling utama. Meminimalkan risiko penularan virus menjadi sesuatu yang patut diupayakan.

Lantas bagaimana mereka yang fobia jarum suntik bisa mengatasi masalahnya dan menghadapi proses vaksinasi? Dilansir dari Edward-Elmhurst Health, setidaknya ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan datangnya serangan fobia saat melakukan vaksin.

1. Minta bantuan ahli

Jika Anda sadar memiliki fobia jarum suntik sejak lama, sebaiknya hal ini diatasi secepatnya secara serius dengan bantuan ahli. Jangan ditunda-tunda lagi, karena urusan jarum suntik tidak sesempit urusan vaksin Covid-19. Bisa jadi kelak Anda terdesak urusan penting lain yang berkaitan dengan jarum suntik. Anak sakit, perawatan medis di rumah sakit, dan lain-lain.

2. Minta masukan terkait obat-obatan khusus dari dokter

Mungkin dokter memiliki obat-obatan khusus yang bisa membuat Anda meredakan kecemasan atau lainnya. Konsultasikan dan temukan solusinya. Jika proses pembiusan memang diperlukan, mengapa tidak?

3. Lihat foto atau video aktivitas vaksinasi yang auranya positif

Di media sosial banyak beredar dokumentasi terkait proses vaksinasi. Hindari melihat yang auranya negatif atau menakutkan. Lihatlah postingan teman-teman dekat Anda atau keluarga yang baik-baik dan happy-happy saja setelah divaksin. Ini akan membantu memberi semangat dari dalam diri untuk mengatasi rasa takut.

4. Latihan pernapasan dalam

Latihan pernapasan bertujuan agar Anda tahu cara menenangkan diri saat kepanikan mulai menyerang.

5. Fokus pada kebaikan vaksin

Tanamkan dalam benak bahwa vaksin ini penting dan jauh lebih memberi kebaikan ketimbang terus-menerus mengikuti rasa takut Anda.

Ketika keputusan sudah menguat untuk divaksin, ada beberapa langkah lanjutan yang perlu Anda perhatikan.

1. Ajak seseorang yang Anda percayai untuk menemani selama proses vaksin. Jika Anda merasa bisa lebih tenang dengan ditemani, maka lakukan.
2. Beritahukan tenaga medis petugas vaksin terkait fobia Anda. Mereka akan dengan senang hati melayani sesuai kebutuhan Anda.
3. Jika Anda merasa akan pingsan atau takut pingsan setelah disuntik, minta izin kepada petugas medis agar Anda boleh beristirahat sejenak di tempat, tidak diburu-buru, hingga rasa takut Anda reda.
4. Jangan melihat jarum suntiknya. Tidak ada yang mengharuskan seseorang yang disuntik untuk melihat proses penyuntikan. Tidak ada! Pejamkan mata jika perlu.
5. Alihkan perhatian Anda. Disuntik sambil mendengarkan lagu kesukaan dari ponsel, mengapa tidak? Yakinlah, proses menyuntik itu sangat-sangat sebentar.
Selamat mencoba!


Penulis Wida Kriswanti
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore