Makan Banyak Sayur dan Buah Kurangi Risiko Kematian Akibat Penyakit Jantung dan Kanker

Redaksi | 31 Juli 2021 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kita tahu bahwa mengonsumsi buah dan sayuran baik untuk kesehatan. Namun, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak makanan tersebut bisa mencegah jutaan kematian per tahunnya.

Pada sebuah laporan yang dipublikasikan International Journal of Epidemiology, para peneliti dari Imperial College London melakukan meta-analisis dari 95 studi dengan melihat jumlah konsumsi buah dan sayuran. Dari hasil tersebut diketahui bahwa 7,8 juta kematian di dunia bisa dihindari jika orang-orang mengonsumsi 10 porsi buah dan sayuran per harinya. Para peneliti mengatakan, 10 porsi buah dan sayuran sekitar 800 gram. Sebagai perbandingan, satu apel berukuran sedang sama dengan 182 gram.

Makan banyak sayur dan buah mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker. Namun, jika menambah porsinya – menjadi 10 porsi – dalam sehari, kita akan memiliki 24 persen risiko penyakit jantung, 33 persen stroke, 13 persen risiko kanker, dan 31 persen risiko kematian yang lebih rendah jika dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah dan sayuran.

Sayur dan buah-buahan yang bermanfaat untuk mengurangi risiko sakit jantung adalah apel, jeruk, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam. Sayuran lain seperti brokoli, kubis, paprika, dan kacang hijau berpotensi untuk menurunkan risiko kanker. “Buah-buahan dan sayuran diketahui bisa menurunkan level kolesterol, tekanan darah dan memperlancar aliran darah serta meningkatkan sistem imun. Hal ini disebabkan karena banyaknya gizi yang mereka kandung. Juga antioksidan yang baik bagi DNA sehingga mengurangi risiko kanker,” kata Dagfinn Aune, pemimpin penelitian ini. 

 

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait