Ibu Butuh Kesiapan Fisik dan Mental Saat Menyusui, Ini Kata Dokter

Yoga Prakoso Jumat, 30 Juli 2021 20:10:35
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Menyusui fase penting yang menguatkan ikatan batin ibu dan bayi. Spesialis anak dari RSIA SamMarie Basra dan RSUD Budhi Asih, dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A, menjelaskan, ibu menyusui butuh kesiapan fisik dan mental sejak dari awal kehamilan agar proses produksi serta pemberian ASI lancar. Dari sisi fisik, payudara dan puting patut dijaga kebersihan dan kelembapannya. Jika bengkak dan tidak optimal mengeluarkan ASI, aplikasikan teknik pijat laktasi agar payudara relaks serta membantu mengeluarkan ASI yang tersumbat.

“Asupan nutrisi juga faktor penting yang harus jadi prioritas ibu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, karena menyusui proses panjang yang dapat menguras tenaga,” kata Zidnie. Kesiapan mental pun tidak kalah penting apalagi di masa pandemi. Cobalah berkomunikasi dengan pasangan, dapatkan dukungan keluarga, gali inspirasi dari sesama ibu menyusui, dan lengkapi informasi yang valid soal menyusui. “Semua faktor ini akan membantu kondisi psikologis ibu dan meningkatkan hormon oksitosin yang melancarkan aliran ASI,” urainya.

 

Mengingat pentingnya menyusui, Anmum mengadakan seri edukasi digital “7 Hari Anmum Jadi Yakin Live,” dari tanggal 1 hingga 7 Agustus 2021 dengan tujuh topik terkini seputar ibu menyusui lewat IG Live di akun Instagram @Anmum_Indonesia. Tujuannya, mendukung ibu menyusui agar tetap tenang dan yakin bersama Anmum sekaligus merayakan Pekan ASI Sedunia 2021. Program ini menghadirkan narasumber dari dokter spesialis obstetri dan ginekologi, spesialis gizi, bidan, psikolog, figur publik, hingga ibu menyusui yang berbagi informasi, pengalaman, hingga tips kaya manfaat.

 

Marketing Manager Anmum, PT Fonterra Brands Indonesia, Riszha Gandjar, mengatakan, Anmum memahami kecemasan dan tantangan yang dihadapi para ibu selama menyusui. “Edukasi digital IG Live ini hendak menjangkau para ibu dimana pun berada agar beroleh informasi ringkas sekaligus lengkap dalam format gelar wicara yang mudah dipahami. Semoga para ibu makin termotivasi menjalani momen menyusui dengan tenang dan yakin bersama Anmum,” ungkap Riszha lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.


Penulis Yoga Prakoso
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore